KPKNL Bekasi
Artikel DJKN

MUDAHKAN TUGAS PENILAIAN, “APLIKASI DANAPALA” INOVASI KE LIMA KPKNL BEKASI DILUNCURKAN

Kamis, 08 November 2018   |   0 kali

Setelah sukses mengembangkan dan merasakan manfaat dari 4 inovasi yang telah luncurkan beberapa waktu yang lalu, kini  KPKNL Bekasi kembali berkarya menciptakan sebuah inovasi baru.  Inovasi ke lima yang digagas dan dikembangkan oleh KPKNL bekasi merupakan hasil karya Rizka Hutami (OJT KPKNL Bekasi ). Inovasi ke lima ini merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dinamai Aplikasi DANAPALA (Digitalisasi dan Akuisisi Data Lapangan Penilaian) sebagai aplikasi untuk membantu salah satu proses layanan di KPKNL Bekasi, yaitu layanan permohonan penilaian. Pentingnya keberadaan data pembanding yang sejenis dan sebanding dalam proses penilaian menggunakan metode pendekatan data pasar menjadi salah satu latar belakang munculnya ide pengembangan DANAPALA.

Sebelum menghadirkan DANAPALA, Rizka telah terlebih dahulu meluncurkan SIP–PERI (Sistem Pemantauan Penilaian dengan Push Email Reminder), yakni sistem terhadap Pelayanan Monitoring Permohonan Penilaian, yang telah diberitakan dalam artikel ” berjudul KPKNL BEKASI KEMBANGKAN 4 (Empat) INOVASI BARU”

Kegiatan peluncuran Aplikasi DANAPALA diselenggarakan pada Senin, 29 Oktober 2018. Kegiatan peluncuran yang merupakan sosialisasi perkenalan Aplikasi Danapala dihadiri oleh Partolo, Kepala KPKNL Bekasi  dan seluruh Pejabat dilingkungan KPKNL Bekasi  serta para pegawai KPKNL Bekasi. Kegiatan sosialisasi dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh Partolo, yang pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan apresiasi kepada Rizka Hutami yang telah menciptakan inovasi baru dan menghimbau agar pegawai maupun pegawai OJT lainnya  untuk selalu menciptakan inovasi-inovasi yang berguna untuk memudahkan pelaksanaan tugas.

Selanjutnya, Rizka memaparkan mengenai tujuan dibuatnya Aplikasi DANAPALA yaitu untuk memudahkan tugas tim penilai dalam akuisisi data lapangan objek penilaian dan data pembanding dalam proses penyelesaian permohonan penilaian.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video penggunaan aplikasi serta pemaparan berbagai fitur Aplikasi DANAPALA oleh Rizka selaku pembuat dan pengembang aplikasi. Aplikasi DANAPALA sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang memiliki fitur input data objek penilaian dan data pembanding serta pengolahan data berupa kertas kerja penilaian. Nantinya, tim penilai dapat mengakses aplikasi DANAPALA melalui smartphone maupun tablet dengan jaringan internet saat mencari data di lapangan, sehingga kegiatan survey menjadi lebih mudah karena tidak lagi menggunakan formulir hardcopy. Potensi kehilangan, kerusakan formulir serta distorsi data pun dapat diminimalisir.

Proses pengolahan data berupa kertas kerja penilaian pun dengan mudah dapat dilakukan dengan memanggil data objek penilaian dan data pembanding yang telah tersimpan sebelumnya pada database aplikasi. Fitur ekspor data kedalam bentuk FileExcel juga memudahkan tim penilai untuk melampirkan hasil pengolahan data ke dalam laporan penilaian.

Acara sosialisasi Aplikasi DANAPALA ini mendapat sambutan positif dari jajaran Kepala Seksi dan pegawai di KPKNL Bekasi.  Para Kepala Seksi dan  pegawai mengapresiasi adanya aplikasi ini dan berharap aplikasi ini dapat terus dikembangkan sesuai kebutuhan dalam proses penilaian.

Kepala Seksi Pengelola Kekayaan Negara, Ahmad Rustandi menyampaikan bahwa Aplikasi DANAPALA dapat memperkuat database data pembanding, terutama data pembanding tanah di Bekasi, sehingga proses penilaian akan menghasilkan nilai wajar yang lebih akuntabel. Aplikasi ini juga dapat menjadi jawaban dari temuan-temuan dalam laporan penilaian terkait konsistensi adjustment penyesuaian data pembanding terhadap objek penilaian pada area / lokasi yang berdekatan.

Acara peluncuran dan sosialisasi Aplikasi DANAPALA ditutup oleh Partolo yang mengajak dan meminta penilai di lingkungan KPKNL Bekasi untuk mulai menggunakan Aplikasi DANAPALA dalam proses penyelesaian permohonan penilaian. (Naskah dan foto: Tim humas kpknl bks : Rizka, Asnul & Teguh)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Pengumuman
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknl_bekasi@yahoo.co.id