Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Artikel
Pelatihan Microsoft Excel tingkat Advanced sebagai katalis inovasi teknologi digital bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di KPKNL Bekasi
Asnul
Senin, 28 Mei 2018   |   319 kali

Era digital yang ditandai dengan perkembangan dunia teknologi ke arah digital telah membuat perubahan besar terhadap berbagai aspek kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Masyarakat Indonesia pun kini memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang  serba elektronik dalam kehidupan sehari-harinya. Berbagai informasi kini dapat dengan mudah diakse ssehingga masyarakat senantiasa update dan berbagi informasi setiap saat dengan frekuensi tinggi.

Pengembangan berbagai aplikasi pun semakin merebak seiring diproduksinya Smartphone dengan Sistem Operasi (OS) yang memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para penggunanya. Aplikasi dari teknologi digital tersebut dapat dinikmati dengan bebas dant erkendali. Era digital  tidak dipungkiri memiliki berbagai dampak positif bagi kehidupan masyarakat  Indonesia.

Dibalik dampak positifnya, era digital pun melahirkan berbagai potensi dan tantangan yang memasuki berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta teknologi informasi. Pemerintahan atau sistem birokrasi di Indonesia juga  tidak luput dimasuki  potensi dan tantangan dari perkembangan era digital ini. Salah satu tantangan besar yang harus dihadapi oleh sistem birokrasi Indonesia adalah tuntutan lahirnya inovasi yang berorientasi pada teknologi digital, sehingga inovasi ini diharapkan dapat memudahkan Aparatur Sipil Negara  (ASN)  dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Kemudahan segala pekerjaan dengan berbasis aplikasi dan teknologi ini selanjutnya diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat.

Sistem birokrasi di Indonesia yang ada kini sudah mengarah kepada sistem elektronik melalui sitem E-Government, maka Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut untuk dapat menguasai Information Technology (IT). Era digital sudah selayaknya disikapi dengan serius, ASN  perlu menguasai  dan mengendalikan peran teknologi dengan baik agar era digital mampu membawa manfaat pada berbagai Kementerian atau Lembaga dalam lingkup Pemerintahan Indonesia.

Salah satuupaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi sebagai unit vertikal dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam menjawab tantangan era digital  tersebut adalah dengan meningkatkan  kemampuan Sumber Daya Manusia di kalangan KPKNL Bekasi. Melalui salah satu pegawai CPNSnya, Rizka Hutami, KPKNL Bekasi bekerjasama dengan Universitas Pertamina telah melaksanakan Pelatihan Microsoft Excel tingkat Advanced pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018 yang  diperuntukkan  bagi seluruh pegawainya. Pelatihan Microsoft Excel tingkat Advanced yang dilakukan merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat bagi Universitas Pertamina. Kegiatan ini menjadi kegiatan yang pertama kalinya dilakukan baikdi lingkungan KPKNL   Bekasi maupun Universitas Pertamina.

Pelatihan Microsoft Excel tingkat Advanced tersebut dilaksanakan selama satu hari dan dihadiri oleh sekitar dua puluh orang pegawai di lingkungan KPKNL Bekasi.  Pelatihan diawali dengan sambutan Widiyantoro, selaku Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL  Bekasi dan dilanjutkan  oleh Koyimatu serta Wahyu KuntoWibowo selaku Ketua Program Studi Ilmu Komputer dan Teknik Elektro Universitas Pertamina. Pelatihan kemudian dipimpin oleh Erwin Setiawan selaku Direktur Sarana, Prasarana dan Teknologi Informasi Universitas Pertamina dimulai dari Modul Pengolahan   Database, Modul Analisa Data, Modul Pengenalan Macro hingga Pengenalan dan Aplikasi Visual Basic Application (VBA) pada Microsoft Excel.

Pada akhirnya, hampir semua orang dapat mengoperasikan dasar Microsoft Excel, namun berapa banyak orang yang dapat menggunakan fitur advanced pada Microsoft Excel hingga dapat membuat program sederhana untuk membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari-harinya?   Untuk itu, diharapkan modul-modul ajar pada pelatihan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di lingkungan KPKNL Bekasi ini tidak saja dapat diaplikasikan dalam menjalankan tugas dan fungsi sehari-hari, namun juga dapat menjadi katalis dalam munculnya inovasi yang berorientasi pada  teknologi digital. (Naskah: Rizka/Editor:Asnul)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini