Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
RAPAT PERSIAPAN PENYUSUNAN LAPORAN TAHUNAN KPKNL BATAM TAHUN 2021
Nina Nurniasih
Jum'at, 24 Desember 2021   |   112 kali

Batam, 24/12/2021 – Tahun 2021 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Hanya tinggal beberapa hari tersisa untuk bisa menuntaskan target-target dan pekerjaan yang belum selesai. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, di penghujung tahun 2021 KPKNL Batam mengadakan rapat persiapan dalam rangka penyusunan laporan tahunan 2021. Bertempat di ruang aula, rapat persiapan penyusunan laporan tahunan ini dipimpin oleh Bapak Anton Listyanto selaku kepala KPKNL Batam. Adapun peserta rapat adalah para kepala seksi serta staff pelaksana yang mewakili semua seksi di KPKNL Batam.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 170/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, KPKNL memiliki tugas melaksanakan pelayanan di bidang kekayaan negara, penilaian, piutang negara, dan lelang. Dalam melaksanakan tugas tersebut, KPKNL Batam dituntut untuk melaksanakannya dengan prudent, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip good governance sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Salah satu asas penyelenggaraan good governance yang tercantum dalam Undang- Undang Nomor 28 Tahun 1999 adalah asas akuntabilitas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Laporan tahunan merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada KPKNL Batam. Laporan tahunan ini akan menjadi rekam jejak perjalanan KPKNL Batam selama tahun 2021. Berbagai prestasi, kegiatan, serta pencapaian KPKNL Batam akan dihimpun dalam laporan tahunan.

Selain melaksanakan kegiatan rutin, pada tahun 2021 KPKNL Batam juga mengadakan berbagai inovasi kegiatan. Beberapa diantaranya yaitu pemberian award kepada para stakeholder atas kontribusi dan capaian kinerjanya. Award ini terdiri dari BMN Award, Valuation Award dan Auction Award.  Kegiatan lainnya yaitu DJKN Goes To Campus yang bekerjasama dengan Politeknik Negeri Batam. Kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi kepada para mahasiswa dan civitas akademika mengenai Pengelolaan APBN Tahun 2021 serta Tugas dan Fungsi KPKNL. Selain itu, KPKNL Batam juga menjadi narasumber di Radio Republik Indonesia (RRI) Batam dalam kegiatan bertajuk “Satu Jam Bersama KPKNL Batam”. Tak kalah sukses, KPKNL Batam mengadakan kegiatan open house serta lelang produk-produk UMKM Kota Batam yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau Ibu Hj. Marlin Agustina Rudi.

Tahun 2021, KPKNL Batam juga mencatatkan berbagai prestasi yang gemilang. Beberapa diantaranya yaitu  penghargaan atas penerimaan PNBP aset tertinggi serta kinerja penyelesaian penilaian kembali BMN terbaik yang diberikan oleh Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. KPKNL Batam juga berhasil menjadi juara harapan 3 se-Indonesia dalam lomba KEDAI (Kompetisi dan Inovasi) lelang produk UMKM. Selain itu, yang paling membanggakan adalah KPKNL Batam berhasil meraih unit kerja berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) hanya dengan satu kali keikutsertaan. Hasil Survei Kepuasan Pengguna Layanan KPKNL Batam juga menunjukkan nilai yang baik dengan  indeks 4.87 dari skala 5.00. Hal tersebut mencerminkan bahwa pelayanan KPKNL Batam terhadap stakeholder yang selama ini berkontribusi atas penerimaan negara di bidang pengelolaan kekayaan negara dinilai memuaskan. Hasil survei ini diharapkan dapat meningkatkan citra KPKNL Batam dan DJKN di mata stakeholder serta menambah semangat pegawai KPKNL Batam dalam meningkatkan kinerja selanjutnya.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini