Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
KPKNL BATAM MERAIH UNIT KERJA BERPREDIKAT ZONA INTEGRITAS WILAYAH BEBAS KORUPSI (ZI-WBK) TAHUN 2021
Nina Nurniasih
Senin, 20 Desember 2021   |   99 kali

Batam, 20/12/21 – Tahun 2021 menjadi tahun yang membanggakan bagi KPKNL Batam. Pasalnya, sepanjang tahun 2021 seluruh punggawa KPKNL Batam bahu membahu berjuang untuk meraih unit kerja berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK). Kondisi pandemi covid-19 pun tak menyurutkan langkah dan semangat para pegawai KPKNL Batam. Akhirnya, berita menggembirakan pun datang. Akhir tahun 2021 menjadi saksi bahwa perjuangan dan jerih payah seluruh pegawai KPKNL Batam tak sia-sia. Kementerian PAN RB menyatakan bahwa KPKNL Batam berhasil meraih unit kerja berpredikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2021 hanya dengan satu kali keikutsertaan.

Bersama dengan unit kerja lainnya, KPKNL Batam menerima Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2021. Apresiasi yang dilangsungkan secara daring pada hari Senin, 20 Desember 2021 tersebut diterima secara simbolis oleh Bapak Heru Pambudi, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan yang mewakili 140 unit kerja Kementerian Keuangan yang berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).

Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) adalah predikat yang diberikan pada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah. Tujuan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) adalah untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, menciptakan pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta meningkatkan mutu pelayanan publik.

Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) Tahun 2021 tentu tak bisa didapatkan begitu saja. Sepanjang tahun 2021, KPKNL Batam melakukan langkah-langkah dan upaya-upaya strategis untuk meraih predikat tersebut. Upaya tersebut dimulai dengan pembentukan tim kerja dan rencana kerja yang melibatkan seluruh pegawai KPKNL Batam. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) dilaksanakan pada tanggal 04 Februari 2021 dengan mengundang para stakeholder pengguna jasa KPKNL Batam. Adapun rencana kerja yang telah disusun, dilaksanakan mulai dari bulan Januari hingga awal Desember 2021. Beberapa rencana kerja tersebut diantaranya yaitu menerapkan 4 budaya kerja berupa Koordinasi Senin Pagi/Korsa, Selasa Berbagi/Knowledge Sharing, Rabu Terpantau/Weekly Monev, dan Jumat Krida yang dilaksanakan secara konsisten. Rencana kerja lainnya yaitu penekanan bahwa KPKNL Batam merupakan kantor yang bebas dari korupsi dan gratifikasi dengan mengadakan sosialisasi kepada para stakeholder dan internalisasi kepada seluruh pegawai. Sosialisasi dan internalisasi tersebut dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media baik berupa media sosial, zoom, maupun pelayanan APT (Area Pelayanan Terpadu). Tak lupa, guna mengoptimalkan rencana kerja, KPKNL Batam juga menyediakan layanan pengaduan melalui telepon, email, media sosial serta kotak pengaduan.

Dengan telah diraihnya predikat ZI-WBK, KPKNL Batam berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan pelayanan baik kepada masyarakat maupun kepada stakeholder pengguna jasa. Apabila masyarakat masih menemukan praktek pungutan liar, calo, dan gratifikasi di KPKNL Batam, dapat menghubungi layanan pengaduan yang disediakan atau memasukan aduan ke www.lapor.go.id dan pmpzi.menpan.go.id.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini