Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
MAU BELI PRODUK-PRODUK UMKM KOTA BATAM? CEK LELANG.GO.ID SAJA!
Nina Nurniasih
Rabu, 28 Juli 2021   |   240 kali

    Batam - Setelah sukses mengadakan lelang perdana produk UMKM pada tanggal 13 Juli 2021, KPKNL Batam kembali menggelar lelang produk UMKM untuk kedua kalinya pada tanggal 27 Juli 2021. Masih sama dengan rangkaian kegiatan lelang produk UMKM sebelumnya, lelang produk UMKM kali ini juga diawali dengan Open House yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 26 Juli 2021. Hal yang tampak berbeda kali ini adalah acara Open House yang turut mengundang stakeholder perbankan serta pelaksanaan lelang secara live melalui zoom yang dikombinasikan dengan kegiatan FGD lelang.

    Jika lelang produk UMKM sebelumnya mengangkat produk kerajinan tangan berupa rajutan, maka pada lelang produk UMKM kali ini mengangkat produk kerajinan tangan lainnya berupa kerajinan macramé atau tali temali. Kerajinan tangan berupa macramé ini sebagian besar merupakan produk-produk yang diperuntukkan untuk hiasan rumah seperti wall hanging dan tempat pot. Namun, terdapat juga produk macramé lainnya yaitu tas rajut yang didesain khusus untuk wanita.

    Owner produk macramé yaitu Ibu Elfiyanti terlihat sangat antusias menjelaskan produk-produk buatannya pada saat acara Open House. Tidak hanya menampilkan gambar, Ibu Elfiyanti juga secara langsung memperlihatkan produk-produk buatannya yang dipajang dirumahnya. Karena produknya dibuat secara handmade, tentu saja produknya memiliki kualitas yang bisa dijamin, begitu jelas Ibu Elfiyanti. Warna-warna yang memanjakan mata serta desain yang unik juga menjadi keunggulan lain dari produk macramé buatan Ibu Elfiyanti yang juga membuka galeri produk di rumahnya.

    Namun, terungkap hal lain pada saat acara Open House. Ibu Elfiyanti mengaku jika sebelumnya beliau memiliki outlet di sebuah mall di Kota Batam untuk memasarkan produk-produknya. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, beliau terpaksa harus menutup outletnya karena pengunjung mall menjadi semakin sepi. Oleh karena itulah, pada saat KPKNL Batam melaksanakan sosialisasi lelang produk UMKM, Ibu Elfiyanti yang merupakan salah satu pelaku UMKM binaan Dekranasda Kota Batam mengaku sangat tertarik.

    Benar saja, dari 11 produk macramé yang diajukan, 7 diantaranya mendapatkan hasil lelang laku di atas nilai limit. Tentu saja, hal ini menjadi suatu hal yang menggembirakan. Meski belum mencapai hasil maksimal. lelang produk UMKM terbukti dapat menjadi secercah harapan bagi para pelaku UMKM untuk bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat hantaman virus Covid-19.

    Selanjutnya, KPKNL Batam akan secara rutin mengadakan lelang produk UMKM secara terjadwal setiap 2 minggu pada hari Selasa. Penasaran produk-produk UMKM apalagi yang akan dilelang? Jangan lupa buka website lelang.go.id ya! Mari kita support produk-produk lokal dalam negeri! Mari kita bangkitkan bersama perekonomian Indonesia!

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini