Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
PENGUATAN BUDAYA ORGANISASI KEMENTERIAN KEUANGAN
Resma Akbar Arifin
Senin, 03 Mei 2021   |   360 kali

Selasa, 16 Maret 2021. Sudah menjadi rutinitas bagi para Pegawai KPKNL Batam untuk mengikuti Sharing Knowledge yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting. Pada kesempatan kali ini yang menjadi narasumber yaitu Tim Change’s Agent KPKNL Batam yang beranggotakan Praven Raj Penilai ahli Pertama, Rizki Utami Kurnia Pratiwi, Pelaksana Seksi PKN, dan Alvyra Nesia Indah Putri, Pelaksana Subbagian umum, membawakan materi Budaya Organisasi Kementerian Keuangan dan Implementasinya dalam pelaksanaan Tugas.

Penguatan budaya organisasi Kementerian Keuangan bertujuan mewujudkan berbaikan budaya organisasi guna mendorong reformasi birokrasi dan menjadi branding Kementerian Keuangan secara nasional. Intruksi Menteri Keuangan nomor IMK-346/IMK.01/2017 tentang Gerakan Efisiensi yaitu Work Balance pemanfaatan jam kerja secara efektif dan meminimalisir lembur, dengan tetap memperhatikan tanggungjawab dan penyelesaian pelaksanaan tugas dan percepatan pelaksanaan tugas melalui percepatan proses untuk berkas masuk/keluar pada level unit eselon I, II, III, dan IV, efisiensi anggaran birokrasi seperti efisiensi perjadin, pembatasan RDK, pengurangan snack rapat, pembatasan makan siang, honor tim dan narasumber yang rasional, go green, dan efisiensi pengadaan barang/jasa.

Pada kesempatan ini Tim Change’s Agent juga mengajak untuk menerapkan program Eco-Office sesuai Surat Edaran Menteri Keuangan nomor SE-6/MK.1/2019 tentang Penerapan Kantor Ramah Lingkungan (Program Eco-Office) di Lingkungan Kementerian Keuangan seperti pengurangan snack rapat dan penggunaan botol plastik sekali pakai, pembatasan pemberian kudapan (makanan kecil/snack) dengan alternatif kudapan/buah lokal yang tidak disajikan per individu (self service), dan pengurangan penggunaan bahan plastik sekali pakai untuk rapat diganti dengan menggunakan gelas,  untuk mendukung program pengurangan sampah plasik.

Dengan adanya kegiatan Sharing Knowledge ini, harapannya dapat menambah wawasan sekaligus pengingat bagi para pegawai di lingkungan KPKNL Batam untuk selalu menjaga nilai-nilai dan budaya kerja Kementerian Keuangan. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini