Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
PERSIDANGAN SECARA ELEKTRONIK (E-LITIGASI)
Resma Akbar Arifin
Senin, 26 April 2021   |   246 kali

Batam Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam kembali mengadakan Sharing Knowledge pada hari Selasa tanggal 9 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting, kegiatan ini merupakan rutinitas setiap minggunya, ini merupakan salah satu sarana untuk berbagi pengetahuan bagi pegawai di lingkungan KPKNL yang telah mengikuti pelatihan atau tugas dan fungsi setiap masing-masing seksi. Sharing Knowledge merupakan bentuk dan langkah KPKNL Batam untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengetahuan para pegawai.

Sharing knowledge yang berlangsung kali ini terkait dengan tugas dan fungsi Seksi Hukum dan Informasi mengenai penanganan perkara yang dipaparkan oleh Resma Akbar Arifin. Akbar menjelaskan mengenai Hukum Acara Perdata yakni proses dalam penganganan perkara di Pengadilan Negeri mulai dari proses pemeriksaan para pihak sampai dengan putusan, Akbar juga menjelaskan bahwa pada akhir 2019 Mahkamah Agung meluncurkan sebuah sistem dimana proses administrasi persidangan dapat dilakukan secara elektronik meliputi pertukaran dokumen persidangan yakni jawaban, replik, duplik dan kesimpulan dapat dilakukan ecara elektronik yang dinamakan E-litigasi.

E-litigasi memberikan manfaat diantaranya yaitu jadwal sidang dan agenda menjadi lebih pasti, dokumen dalam proses persidangan dikirim secara elektronik sehingga para pihak tidak perlu datang ke Pengadilan, serta pembacaan putusan juga secara elektronik, penggunaan teknologi informasi dapat mengurangi waktu penangan perkara, mengurangi intensitas para pihak datang ke Pengadilan.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang bagi pegawai untuk melatih kemampuannya dalam mempresentasikan materi serta diskusi yang berkembang dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta knowledge sharing dan melatih para pegawai untuk berbicara di depan umum.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini