KPKNL Batam
Berita DJKN

Penilaian Sewa BMN KKKS Medco E&P Natuna Ltd Bandar Udara Khusus Matak

Senin, 10 Desember 2018   |   154 kali

Penilaian Sewa BMN KKKS Medco E&P Natuna Ltd Bandar Udara Khusus Matak

Setelah revaluasi BMN 2018 tuntas, KPKNL Batam melakukan penilaian sewa BMN KKKS Medco E&P Natuna Ltd berupa Bandar Udara Khusus Matak (BUKM) atas permohonan Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lainnya Dit.PNKNL). Penilaian dilaksanakan oleh Tim KPKNL Batam yang langsung disupervisi oleh Rocky Sandhora, Kepala KPKNL Batam. Tim Penilai KPKNL Batam diketuai oleh Sumarno-Kepala Seksi Pelayanan Penilaian dengan Anggota Naryudi (Kasubag Umum) dan Muhammad Furqon Lubis.

Penilaian diawali dengan melakukan pemeriksaan fisik dan survey lapangan di lokasi obyek penilaian, Bandar Udara Khusus Matak  selama 3 hari dari tanggal 5-7 Desember 2018 yang didampingi oleh staf/pejabat dari Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain (PNKNL),  Pusat Pengelolaan Barang Milik Negara (PPBMN) Kementerian ESDM, dan KKKS Medco E&P Natuna Ltd. Sebelum dilakukan survey, Pihak Medco E&P Natuna Ltd menyampaikan paparan tentang historis pemanfaatan BUKM oleh Ekspress Air tahun sebelumnya.

Penilaian dilaksanakan untuk menentukan nilai wajar sewa dalam rangka pemanfatan BUKM yang akan disewa oleh PT Travel Express Aviation Services untuk periode 1 Januari 2019-31 Desember 2020 untuk rute Tanjung Pinang-Matak-Batam. Penilaian ini sendiri dalam rangka perpanjangan sewa dimana sebelumnya telah dilakukan penilaian pada tanggal 21 Maret 2018 untuk periode yang sudah berjalan.

Rocky menambahkan bahwa pentingnya penilaian dalam silus pengelolaan BMN selain pemindahtanganan, optimalisasi BMN adalah melalui pemanfaatan dengan cara sewa. Melalui pemanfaatan BUKM ini ada 2 (dua) manfaat yang dapat diperoleh yakni manfaat ekonomi berupa PNBP sewa dan manfaat konektivitas untuk kelancaran arus transportasi sebagai penghubung antar wilayah di pulau terluar Indonesia guna memacu pertumbuhan ekonomi lokal, imbuhnya.

Hari berikutnya dilakukan penandatanganan Berita Acara Survey Lapangan sebagai salah satu lampiran dokumen laporan penilaian. Di akhir tugas, Tim Penilai KPKNL Batam akan segera menentukan nilai wajar dan laporan penilaian sesuai SOP yang ditetapkan, pungkas Rocky.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id