KPKNL Batam
Berita DJKN

PENAGIHAN LANGSUNG DI PULAU TERLUAR

Senin, 10 Desember 2018   |   101 kali

PENAGIHAN LANGSUNG DI PULAU TERLUAR

 

Dalam rangka percepatan pengurusan piutang Negara penyerahan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Natuna, KPKNL Batam melakukan penagihan langsung kepada para penanggung hutang di Pulau Terluar, Kabupaten Natuna. Tim KPKNL Batam yang dikomandoi oleh Carolina Deny Chrismayanti – Kepala Seksi Piutang Negara. Inul, begitu panggilan akrabnya membawa serta 2 (dua) orang Juru Sita yakni Luwinita Daulay dan M Risky Fadli dalam kegiatan ini.

Tim KPKNL Batam langsung bergerak menuju kediaman tempat tinggal dan tempat usaha para Penanggung Hutang dengan didampingi Tim dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Natuna Rapat selama 4 (empat) hari kerja dari tanggal 03-06 Desember 2018.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu pencapaian target pengurusan piutang Negara khususnya realisasi penerimaan Biad PN yang sampai dengan Desember 2018 baru tercapai 92,3% dari target Rp130 juta. Sedangkan untuk target PNDS sudah tercapai 312% dari target Rp1,6 Milyar. Demikian halnya target BKPN selesai sudah tercapai 119% dari target sebanyak 251 BKPN dan target penerbitan produk hukum PUPN juga sudah tercapai dari target yang ditetapkan.

Khusus piutang Negara yang berasal dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Natuna  sebanyak 88 BKPN dengan nilai 4,3 Milyar. Dari penyerahan tersebut sebanyak 3 debitur telah lunas dan sebagian besar masih melakukan pembayaran/angsuran. Kegiatan kali ini adalah untuk menagih langsung kepada debitur yang belum lunas sekaligus penyampaian Surat Paksa. Sehingga dengan kegiatan ini, progress pengurusan sudah dilaksanakan secara optimal sampai dengan tahap penyampaian Surat Paksa, kata Inul.

Hasil dari kunjungan lansung kepada Debitur, Inul menyimpulkan bahwa sebagaian besar debitur yang dikunjungi masih belum baik ekonominya namun mereka tetap berkomitmen untuk melakukan angsuran dan menyelesaikannya.

Di akhir kunjungan, Inul mengajak Tim Penyelesaian Piutang Daerah Pemkab Natuna agar terus dilakukan kunjungan dan pembinaan langsung ke debitur mengingat jarak yang sangat jauh antara KPKNL Batam dengan Pemkab Natuna dan selalu melakukan koordinasi dengan Tim KPKNL Batam.

Teks dan foto oleh : Inul,Luwi;  Editor : Dedy Chris

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id