KPKNL Batam
Berita DJKN

Monev Dan Sosialisasi Pelayanan Lelang Se-Kanwil DJKN RSK : “Modernisasi Menuju Lelang Handal Dan Terpercaya

Jum'at, 30 November 2018   |   242 kali

Monev Dan Sosialisasi Pelayanan Lelang Se-Kanwil DJKN RSK

“Modernisasi Menuju Lelang Handal Dan Terpercaya”

 

 

Pada hari Kamis, 29 Nopember 2018, bertempat di Aula KPKNL Batam diadakan monev dan sosialisasi pelayanan lelang oleh Direktorat Lelang yang diikuti oleh Jabatan Fungsional dan PIC Aplikasi Lelang se Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Acara dibuka oleh Dian Subakti, Plh Kepala KPKNL Batam. Dalam pengantarnya Dian Subakti yang juga Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Batam, menyampaikan bahwa acara ini penting sebagai ajang monitoring dan evaluasi bagi pelayanan lelang yang selama ini dilaksanakan oleh KPKNL kepada Stakeholder dan juga akan menambah wawasan dan perkembangan baru terkait kebijakan DJKN terkait dalam perbaikan pelayanan lelang ke depan. Dian menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Lelang yang telah mempercayakan kegiatan ini kepada KPKNL Batam sebagai tuan rumah dan menitipkan salam dari Kepala KPKNL Batam, Rocky Sandhora kepada Kasubdit Bina Lelang II dan Tim Kantor Pusat serta para peserta, pungkasnya.

Selanjutnya narasumber dari Direktorat Lelang yang dipimpin Kasubdit Bina Lelang II, Erris Eka Sundari, menyampaikan materi kegiatan. Diawali oleh Erris Eka Sundari menyampaikan tentang hasil lelang secara nasional dan khususnya Kanwil DJKN RSK. Secara keseluruhan, Capaian lelang Kanwil RSK s/d 15 Nopember telah tercapai baik dari sisi frekuensi, pokok lelang dan bea lelang maupun penggunaan e-auction. Namun masih ada KPKNL di lingkungan Kanwil RSK yang belum mencapai target yang ditetapkan. Khusus untuk KPKNL Batam dan KPKNL Dumai, Erris memberikan apresiasi karena telah melampui target yang telah ditetapkan.

Selanjutnya Erris menyampaikan tentang kebijakan lelang yang telah dan akan dilakukan oleh Ditlelang untuk memenuhi Road Map Lelang sampai dengan 2019 dalam rangka modernisasi menuju lelang yang handal dan terpercaya, ungkapnya. Kebijakan-kebijakan tersebut diantaranya penyusunan dan penyempurnaan peraturan diantaranya perubahan PMK tentang PL I, PMK Balai Lelang, Perdirjen tentang lelang hak sewa dan yang sekarang berjalan adalah penyusunan RUU Lelang untuk mengikuti perkembangan perekonomian masyarakat dan teknologi digital yang saat ini masih tahap meminta masukan baik internal maupun eksternal.

Selain itu, Direktorat Lelang telah memperbarui alamat web e-auction menjadi www.lelang.go.id  yang telah terdaftar di kemeninfo dengan penampilan yang lebih menarik dan komersil. Saat ini Ditlelang juga sedang membuat aplikasi permohonan lelang online yang terintegrasi dengan aplikasi e-auction serta pelaporan pengganti dropbox secepatnya akan dilauncing awal Desember 2019 dengan 17 KPKNL sebagai pilot project.

Materi pentutup disampaikan oleh Ryan Mahartomo Permadi yang menjelaskan lebih detil tentang alur permohonan online dan tutorial tentang pelaporan melalui dropbox, aplikasi SMILE yang terdiri dari pembuatan risalah lelang dan monitoring bea lelang pegadaian.

Teks & Foto : Buby, Editor; dedy Chris

Foto Terkait Berita
Pengumuman
PEKAN LELANG 110 TAHUN
Senin, 26 Februari 2018
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469824 - 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id