Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
“GURINDAM” MOTTO PELAYANAN KPKNL BATAM TERBAIK DI KANWIL DJKN RSK (SERBA SERBI RAKORDA SEMESTER I KANWIL DJKN RSK)
Dedy Christanto
Rabu, 18 Juli 2018   |   497 kali

“GURINDAM” MOTTO PELAYANAN KPKNL BATAM TERBAIK DI KANWIL DJKN RSK

(SERBA SERBI RAKORDA SEMESTER I KANWIL DJKN RSK)

 

Setelah rangkaian acara Rapat Koordinasi Daerah Kanwil DJKN RSK Semester I selesai digelar (11/7), Panitia Rakorda mengadakan perlombaan Motto Kantor Pelayanan di lingkungan Kanwil RSK. Seluruh peserta rakorda yang terdiri dari Kanwil, KPKNL Pekanbaru, KPKNL Dumai, KPKNL Padang, KPKNL Bukittinggi, dan KPKNL Batam sebagai tuan rumah Rakorda kali ini ikut berpartisipasi.  

Sebagai juri dalam perlombaan ini adalah Para Kepala KPKNL dan Kepala Bidang Kanwil RSK dengan memperhatikan 4 (empat) kriteria penilaian diantaranya, muatan kearifan lokal, keterkaitan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan, keharmonisan kata-kata, dan kekompakan penampilan (performance).

Dari penilaian Tim Juri, KPKNL Batam dengan motto “Gurindam” berhasil meraih juara pertama kemudian disusul oleh Kanwil RSK sebagai juara kedua dan KPKNL Bukittinggi sebagai juara ketiga.

“Gurindam” merupakan akronim dari ungGUl, Ramah, INtegritas Dan Amanah. Dengan ungGUl, KPKNL Batam harus selalu menjadi yang terbaik.  Sikap perilaku dan tutur kata yang Ramah dan berINtegritas setiap pegawai dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder dengan menjunjung tinggi kode etik dan prinsip-prinsip moral serta dapat dipertanggungjawabkan (AManah). Motto “Gurindam” diharapkan tertanam dan terwujud dalam setiap pelayanan yang dilakukan oleh seluruh jajaran KPKNL Batam dalam mewujudkan Visi dan Misi DJKN.

Motto ini diambil dari nama salah satu bentuk puisi lama buah pena penyair kenamaan dari Kepulauan riau, yaitu Raja Ali Haji. Gurindam karangan Raja Ali Haji terdiri dari dua belas Pasal dimana setiap pasal menyampaikan nasehat yang berbeda mulai dari kehidupan sehari-hari hingga kehidupan pemerintahan.

Dalam perlombaan tersebut tim KPKNL Batam membacakan gurindam pasal sebelas yang pada intinya berisi nasehat berbakti kepada bangsa dan bertanggung jawab terhadap tugas yang di amanahkan. Nasehat gurindam sebelas ini sangat tepat diinternalisasikan sebagai motivasi dalam mejalankan tusi DJKN.

Berikut Cuplikan Gurindam Sebelas :

hendaklah berjasa kepada yang sebangsa

hendaklah jadi kepala, buang perangai yang cela

Hendaklah memegang amanat, buanglah khianat

Hendak marah dahulukan hajat

Hendak dimulai jangan melalui

Hendak ramai, muliakan perangai

 

(Narasi + Foto : Ganis, Editor : Dedy Chris)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini