Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Puncak Peringatan 110 Tahun Lelang Indonesia di KPKNL Batam
Dedy Christanto
Rabu, 28 Februari 2018   |   407 kali

Batam - Dalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang di Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam gelar Pekan Lelang  mulai tanggal 26 Februari sampai dengan 2 Maret 2018. Puncak acara ditandai dengan pelepasan balon gas oleh Dedy Christanto, Kepala Seksi Informasi dan Hukum KPKNL Batam selaku Plh Kepala Kantor pada Rabu (28/2) tepat pada lahirnya Vendu Reglement Stbl. 189 Tahun 1908.

Dalam sambutannya, Dedy menyampaikan sejarah lelang di Indonesia. Lelang di Indonesia ada sejak terbitnya Vendu Reglement (VR) Stbl. 189 Tahun 1908 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Pada waktu itu, Pemerintah Hindia Belanda menggunakan sistem lelang untuk lelang eksekusi dan barang pindahan Pejabat Hindia Belanda melalui kantor Inspeksi Lelang yang bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan (Direktuur van Financient).

Walaupun VR sudah berusia 110 Tahun, sampai saat ini masih berlaku. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) selaku pengambil kebijakan dan regulasi lelang terus melakukan pembaharuan baik  secara organisasi dan tata kelola lelang maupun modernisasi lelang. Pembaharuan lelang harus terus dilakukan untuk mengikuti perkembangan dan dinamika masyarakat. Deregulasi lelang pertama dilakukan tahun 1997 dengan memberikan kesempatan kepada perorangan/badan usaha swasta untuk mendirikan Balai Lelang menyelenggarakan lelang sukarela, sampai saat ini sudah berdiri 100 Balai Lelang yang tersebar di seluruh Indonesia, jumlah ini lebih besar di banding kantor KPKNL yang hanya 71 unit.

DJKN juga meluncurkan sistem penawaran lelang melalui internet yang dinamakan e-auction melalui aplikasi berbasis web dengan alamat www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id sejak tahun 2014 dan mendapatkan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2015 dari Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atas inovasi “Meningkatkan Pelaksanaan Lelang yang Efisien, Kompetitif, dan Adil Melalui Pelaksanaan e-auction”. Khusus KPKNL Batam, dedy menambahkan bahwa KPKNL Batam merupakan KPKNL Pertama yang meluncurkan e-auction corner sebagai tempat untuk edukasi penggunaan e-auction kepada penjual maupun pembeli lelang sejak Juni 2015, tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Dedy menyampaikan terima kasih dan aspirasi kepada para stakeholder lelang yang telah membantu suksesnya acara pekan lelang di KPKNL Batam dan meminta kepada para stakeholder baik pemohon lelang maupun pembeli lelang untuk memberikan masukan demi perbaikan pelayanan lelang guna pembangunan KPKNL Batam menuju zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2019. Tak lupa Dedy juga mengajak hadirin untuk membuat akun lelang supaya bisa ikut lelang di e-auction. Sambutan diakhiri dengan membawakan pantun :

Pergi ke pasar beli sepatu pesta

Tak lupa mampir ke Mesjid Raya untuk berdoa

Seratus sepuluh tahun lelang indonesia

Modernisasi lelang untuk jual beli lebih handal dan terpercaya

 Acara dilanjutkan dengan lelang sukarela yang dipandu oleh Dian Subakti yang disambut dan dikuti oleh hadirin dengan semangat dan antusias tinggi dan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada stakeholder lelang untuk tiga kategori. Kategori pertama untuk hasil lelang terbesar diraih oleh Pusat Pengelolaan BMN KESDM. Kategori kedua untuk tingkat keterjualan tertinggi diraih oleh Kejaksaan Negeri Batam. Kategori ketiga untuk bea lelang tertingi diraih oleh PT Pegadaian Cabang Nagoya. (Foto+Narasi : Buby, Editor : Dedy Chris)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini