Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Kakanwil DJKN RSK Paparkan Pengelolaan BMN ke Komisi XI DPR
Dedy Christanto
Senin, 19 Februari 2018   |   631 kali

Batam - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumbar, dan Kepri (DJKN RSK) T. Agus Priyo Waluyo memaparkan pengelolaan aset negara dalam pertemuan kunjungan reses Komisi XI Dewan perwakilan Rakyat (DPR) dengan Perwakilan Kementerian Keuangan di wilayah Propinsi Kepulauan Riau pada Kamis (15/2) di aula Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam.


Pada pertemuan Komisi XI DPR yang diketuai Melchias Marcus Mekeng ini,  T. Agus Priyo Waluyo menyampaikan jumlah dan nilai aset Barang Milik Negara (BMN) di wilayah Kepri tahun 2017 dari 393 satuan kerja terdapat 838.770 BMN yang terdiri dari 1.380 tanah, 13.743 bangunan, dan 823.647 selain tanah dan bangunan dengan total nilai sebesar Rp76,68 triliyun.


Agus menambahkan bahwa dari kegiatan revaluasi BMN tahun 2017 oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam dengan obyek BMN tanah, bangunan, dan jaringan irigasi, dan jalan sebanyak 8.106 unit terdapat kenaikan nilai BMN secara signifikan sebesar Rp29,1 triliyun. “Ini akan terus meningkat dengan adanya revaluasi BMN tahun 2018 sebanyak 1.638 unit,” jelasnya.


Mengakhiri paparan, Ia menyampaikan upaya DJKN dalam rangka mengelola BMN tidak hanya menjadi beban negara, namun justru dapat menghasilkan penerimaan negara sesuai arahan Menteri Keuangan dan Dirjen Kekayaan Negara. Melalui kegiatan revaluasi BMN yang saat ini dilakukan dan identifikasi aset idle melalui pengawasan dan pengendalian (wasdal), akan dapat dipetakan potensi BMN melalui kegiatan pemanfaatan atau alih status untuk digunakan penyelenggaraan tusi satker atau K/L lain daripada melakukan pengadaan baru yang membebani APBN.


Acara ini dihadiri Perwakilan Pemprov Kepri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Prov. Kepri, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Prov. Kepri, Badan Pusat Sattistik (BPS) Prov. Kepri, dan Perwakilan Kementerian Keuangan Wilayah Kepri. Perwakilan Kemenkeu dihadiri oleh seluruh Kepala Kanwil termasuk Kakanwil DJKN Riau, Sumbar, dan Kepri yang didampingi Kepala KPKNL Batam Rocky Sandhora


Usai menghadiri kunjungan DPR RI, Tugas Agus menyempatkan berkunjung ke KPKNL Batam untuk silahturami dan memberikan pengarahan dan pembinaan kepada pejabat/pegawai KPKNL Batam. Dalam arahannya, Agus menyampaikan instruksi Dirjen Kekayaan Negara yang meminta seluruh KPKNL harus bersiap diri menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Ia meminta jajaran KPKNL Batam mulai saat ini dan selamanya untuk konsisten dan berkomitmen menanamkan nilai-nilai Kemenkeu dalam melayani semua pengguna jasa. KPKNL Batam sudah punya modal untuk menuju ke zona integritas, antara lain sebagai Juara II Lomba Kantor Percontohan Tahun 2008, KPKNL Terbaik di Kanwil DJKN RSK dalam pencapaian Nilai Kinerja Organisasi (NKO) tahun 2017. “Jadi tidak susah untuk menjadi Zona Integritas, kalau kita berkomitmen dari mulai pimpinan sampai staf. Kanwil DJKN RSK siap membantu mendukung penuh KPKNL Batam menuju Zona Integritas,” pungkasnya.  


Kepala KPKNL Batam Rocky Sandhora menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan arahan Kakanwil. Rocky menambahkan bahwa selain modal yang telah disampaikan Kakanwil, modal lain yang dimiliki KPKNL Batam adalah adanya kenaikan indeks kepuasan pengguna jasa dari tahun ke tahun atas survey yang dilakukan oleh lembaga eksternal yakni IPB/UGM. “Untuk tahun 2017 indeks kepuasan pengguna jasa KPKNL Batam adalah 4,4,” ujarnya.

Ke depan, lanjutnya, segenap pegawai KPKNL Batam akan terus merapatkan barisan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada seluruh stakeholder dengan semangat nilai-nilai Kementerian Keuangan.


Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa walaupun pencanangan Zona Integritas KPKNL Batam belum di tahun ini, KPKNL Batam telah melakukan persiapan-persiapan diantaranya telah melakukan komitmen bersama pada saat penandatanganan kontrak kinerja bahwa mulai tahun 2018 KPKNL Batam mulai mempersiapkan pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dan telah memerintahkan kepala seksi terkait untuk mengkoordinasikan hal-hal terkait persiapan menuju zona integritas. (foto oleh : buby, Editor : Dedy Chris)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini