Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
KPKNL Batam Berbagi Pengetahuan Lelang Untuk Pegawai KPU BC Batam
Dedy Christanto
Selasa, 29 Agustus 2017   |   179 kali

KPKNL Batam Berbagi Pengetahuan Lelang Untuk Pegawai KPU BC Batam

 

Batam, 28 Agustus 2017, bertempat di Aula Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam diadakan Program Pembinaan Ketrampilan Pegawai (P2KP) di lingkungan KPU BC Batam terkait pelaksanaan lelang. Program ini diikuti oleh para pegawai KPU BC Batam dari berbagai bidang tugas yang ada di KPU BC Batam antara lain bagian umum, bidang penyidikan, bidang penagihan dan bidang kepabeanan.

Sebagai nara sumber pada program ini, Dedy Christanto, Kepala Seksi Hukum dan Informasi didampingi Wismiarto, mengawali materi dengan mengucapkan terima kasih kepada KPU BC Batam karena memilih materi tentang lelang yang sangat berguna dan bernilai strategis untuk membangun sinergitas Kementerian Keuangan dalam upaya meningkatkan penerimaan Negara melalui lelang dari permohonan DJBC, ungkapnya. Ada 5 (lima) jenis lelang yang dapat diajukan oleh KPU BC terkait pelayanan KPKNL yaitu lelang non eksekusi wajib BMN (penghapusan), lelang non eksekusi wajib BMN (tegahan DJBC), lelang eksekusi benda sitaan pasal 45 KUHAP, lelang eksekusi pajak (bea masuk dan cukai DJBC), dan lelang eksekusi barang tidak dikuasai Negara atau dikuasai Negara DJBC). DJBC itu instansi yang paling banyak dapat melaksanakan jenis lelang, bahkan Kanwil DJBC Khusus Kepri telah memberikan kontribusi penerimaan Negara 10 Milyar dari lelang pada tahun 2015, tambahnya.

Selanjutnya disampaikan materi secara runut mulai dari sejarah lelang, pengertian lelang, asas-asas lelang, fungsi lelang, hak, kewajiban dan tanggung jawab penjual dan pembeli, cara penawaran, pengumuman lelang, nilai limit,  sampai dengan prosedur dan tata cara lelang baik lelang konvesional maupun lelang berbasis internet e-auction.

Antusias peserta terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan peserta dan dijawab dengan lugas oleh narasumber dengan menggunakan beberapa perumpamaan yang mudah dimengerti oleh penanya yang mayoritas pegawai baru. Di sesi akhir, Jonatan, Kepala Seksi Penagihan KPU BC Batam menyampaikan terima kasih atas materi yang disampaikan narasumber, mudah-mudahan peserta terutama pegawai yang membidangi terkait dengan lelang dapat memahami proses lelang ini dan segera setelah acara ini, KPU BC Batam akan mengajukan permohonan lelang baik lelang BMN maupun lelang barang bukti, barang eks tegahan, dan sitaan pajak, pungkasnya.

(teks : rima, editor: dedy chris, foto : KPU BC) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini