Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Mendorong Efektivitas Lelang Eksekusi Hak Tanggungan
Dedy Christanto
Selasa, 15 Agustus 2017   |   186 kali

Batam, 14 Agustus 2017, bertempat di Hotel Harmoni, diadakan sosialisasi lelang eksekusi hak tanggungan yang diikuti oleh seluruh pimpinan cabang dan staf recovery kredit PT Bank RiauKepri wilayah Propinsi Kepulauan Riau.

Acara dibuka secara resmi oleh Bahrun Amid, Kepala Bagian pada Divisi Penyelesaian Kredit Bermasalah PT Bank RiauKepri. Dalam sambutanya, Bahrun Amid, menyampaikan bahwa saat ini kredit bermasalah di PT Bank RiauKepri meningkat seiring dengan kondisi perekonomian nasional khususnya Kepulauan Riau. Untuk itu diperlukan upaya penyelesaian kredit dengan jalan melakukan penjualan lelang agunan melalui KPKNL. Dia berharap kiranya KPKNL Batam dapat memberikan pencerahan kepada pimpinan dan staf recovery PT Bank RiauKepri wilayah Kepri tentang tata cara dan prosedur pengajuan lelang eksekusi hak tanggungan sehingga ke depannya akan memberikan hasil yang positif bagi Bank RiauKepri dalam upaya menurunkan NPL.

Sebagai nara sumber pada acara sosialisasi kali ini adalah Novvy Setiadi, Plt. Kepala Seksi Pelayanan Lelang dan Dedy Christanto, Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Dalam paparannya, novvy menerangkan secara detil pengetahuan umum tentang lelang, jenis lelang, Pejabat Lelang, hak dan kewajiban Penjual dan Pembeli, dan tahapan tahapan lelang eksekusi hak tannggungan dari mulai permohonan, dokumen persyaratan lelang, nilai limit, uang jaminan penawaran, pengumuman lelang, penawaran lelang dengan kehadiran dan tanpa kehadiran (e-Auction)  sampai pasca lelang.

Yang tidak kalah menarik, materi yang disampaikan oleh Dedy Christanto tentang efektivitas lelang hak tanggungan. Bagaimana lelang eksekusi hak tanggungan dapat memberikan keberhasilan baik kepada perbankan maupun KPKNL dalam mencapai kinerja lelang. Lelang eksekusi hak tangungan dikatakan efektif, apabila tingkat keterjualan obyek lelang semakin meningkat karena diminati oleh masyarakat sehingga diperlukan perencanaan sejak awal tahun dengan menyusun kalender lelang, diperlukan adanya marketing/pemasaran secara massif, serta meminimalisir permasalahan hukum yang ada dengan melakukan verifikasi bersama berkas permohonan lelang melalui forum komunikasi antara Bank RiauKepri dengan KPKNL , pungkasnya.

Antusiasme peserta terlihat banyaknya pertanyaan dari para peserta terutama kasus dan permasalahan yang dihadapi berbeda antara cabang yang satu dengan lainnya. Pada sesi akhir, Novvy mengajak peserta untuk menjalin komunikasi yang intens antara Bank Riau Kepri dan KPKNL Batam untuk konsultasi terkait lelang eksekusi hak tanggungan sehingga dapat membuahkan hasil kinerja yang memuaskan bagi PT Bank Riau dan KPKNL Batam, tutupnya.

 Teks : Rima, Editor; dedy Chris, Foto; Novvy


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini