Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
Dari Sosialisasi Terbangun Sinergi Strategis Demi Tusi Kementerian Keuangan
Dedy Christanto
Selasa, 15 Agustus 2017   |   475 kali

Pada Selasa, 9 Agustus 2017, bertempat di Pangkalan Sarana Operasi DJBC Karimun diadakan sosialisasi Tata Kelola Pengawasan Internal (TKPI) Itjen Kemenkeu yang diikuti oleh pimpinan satuan kerja Kementerian Keuangan Propinsi Riau.

Sebelum acara dimulai, Kepala KPKNL Batam, Rocky Sandhora, menyempatkan diri untuk silahturahmi dengan Kepala Kanwil Khusus DJBC Kepri dan jajaranya. Rocky Sandhora, mengucapkan terima kasih kepada Kanwil DJBC Khusus Kepri yang selama ini telah terjalin hubungan dan sinergi yang baik khususnya dalam bidang pengelolaan BMN eks. Tegahan dan ke depannya akan ditingkatkan dengan meminta masukan dari stakeholder khususnya Kanwil DJBC Khusus Kepri.  

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya di depan para narasumber Itjen menimpali bahwa selama ini Kanwil Khusus Kepri mendapat perlakukan khusus dari KPKNL Batam. Pelayanan KPKNL Batam mulai dari penilaian, persetujuan pengelolaan dan lelang selama ini sangat baik, cepat, dan professional, ungkapnya. Bahkan tidak segan-segan, Parjiya mengungkapkan bahwa sinergi yang baik antara KPKNL Batam dan Kanwil DJBC Khusus Kepri dapat menjadi contoh untuk jajaran satker Kemenkeu dan kementerian lain, pungkasnya.

Acara sosialisasi dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya. Dalam sambutannya, Parjiya, menyampaikan bahwa acara ini penting sebagai wahana berkumpulnya para pimpinan/kepala satker Kementerian Keuangan untuk membangun sinergi tugas kementerian keuangan, karena jarang sekali momen seperti ini, imbuhnya. Arti penting lainnya Beliau berpesan bahwa peran Itjen saat ini sudah berbeda dari era sebelumnya, sekarang ini Itjen memainkan peran sebagai mitra untuk memberikan asuran, konsultasi dan asistensi atas Tusi dan temuan pemeriksa. Parjiya memberikan apresiasi kepada Itjen yang selama ini telah memberikan asistensi dan konsultasi untuk satker Kemenkeu Propinsi Kepri. Melalui TKPI diharapkan dapat dideteksi secara dini gejala-gejala terjadinya pelanggaran oleh oknum pegawai Kemenkeu, sehingga pelanggaran dan penyimpangan dapat dicegah dan dihindari, pungkasnya.

Selanjutnya narasumber dari Itjen Kemenkeu yang dipimpin oleh Ahmad Ghufron menyampaikan tentang Tata Kelola Pengawasan Internal yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 237/PMK.09/2016 tanggal 30 Desember 2016. Mengawali materinya, Guffron menyampaikan bahwa TKPI Kemenkeu telah mendapatkan apresiasi dari Men-PanRB karena Kemenkeu telah menerapkan struktur pengendalian organisasi modern yang menganut prinsip 3 Lines Of Defense  dan menjadi role of model kementerian lain. Materi kedua disampaikan tentang Sistem Informasi Manajemen Pengawasan Intern dimana Itjen Kemenkeu telah membangun aplikasi yang dinamakan Teamcentral yang dapat diakses secara intranet kemenkeu di alamat di https://audit-itjen.kemenkeu.go.id/TeamCentral/login.

 Teks : Rima, Editor; dedy Chris, Foto; Amir & PSO



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini