Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peduli Berbagi Informasi Melalui Aplikasi Sintesa
N/a
Rabu, 02 September 2015   |   1714 kali

Banjarmasin - “Harapannya, adanya aplikasi Sintesa yang berisi informasi lintas seksi subbag, maka semua pegawai sudah mengetahui informasi yang ada di subbag atau seksi lain,” kata Slamet Sudirman Kepala Subbag. Umum Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin. Slamet mengatakan hal tersebut saat membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sintesa (Sistem Informasi Terpadu dan Sistem Alarm), Rabu (2/9) di Aula KPKNL Banjarmasin. Aplikasi ini diperkenalkan langsung oleh pembuatnya, Yusuf Effendi, Kepala Seksi Informasi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Selatan dan Tengah kepada para pegawai di lingkungan KPKNL Banjarmasin.

Yusuf Effendi menyampaikan bahwa ide pembuatan aplikasi ini dari KPKNL Banjarmasin juga, kemudian dikembangkan dengan menambahkan sistem alarm. “Latar belakang pembuatan sistem ini oleh karena biasanya di kantor-kantor itu informasi masih terkotak-kotak”, jelas Yusuf. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu penyebaran informasi dan diketahui oleh semua pegawai sebuah kantor. Berbagai informasi dapat ditampung dalam aplikasi ini, seperti rencana kegiatan, peraturan dan dokumen lainnya, SOP Layanan Unggulan, Capaian Kinerja, jalur komunikasi ke Kepala Kantor, dan digitalisasi Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN). Selain itu, adanya aplikasi ini diharapkan petugas front office pada Area Pelayanan Terpadu (APT) dapat segera memberikan informasi yang dibutuhkan oleh stakeholders.

Pemaparan cara kerja aplikasi dilanjutkan dengan percobaan penerapan pada beberapa unit komputer. Sistem berbasis desktop ini terhubung dengan komputer lainnya dengan memanfaatkan fasilitas VPN (Virtual Private Network) Kementerian Keuangan. Yusuf Effendi berharap, aplikasi ini dapat menumbuhkan sikap proaktif para pegawai untuk berbagi, saling peduli, dan juga mendukung program Go Green(Penulis/foto: Nanang Ansari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini