Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semangat Rekonsiliasi BMN
N/a
Jum'at, 11 Juli 2014   |   782 kali

Banjarmasin – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin melaksanakan kegiatan rekonsiliasi Barang Milik Negara (BMN) Semester I dimulai Selasa 1 Juli 2014. Kegiatan ini merupakan tantangan baru karena dihadapkan dengan banyak perubahan di dalam KPKNL Banjarmasin, seperti adanya SDM baru, sistem rekonsiliasi yang memakai server secara langsung,  dan aplikasi Modul Kekayaan Negara yang mengalami perubahan.

Satuan kerja yang dilayani KPKNL Banjarmasin tersebar di berbagai wilayah Kalimantan Selatan,  namun semangat rekonsiliasi BMN satuan kerja (satker) sangat tinggi. Hal itu dapat dilihat dari kedatangan satker yang lebih awal daripada jam masuk pegawai KPKNL Banjarmasin, bahkan ada yang harus menumpang perahu untuk rekonsiliasi BMN. Total satuan kerja yang harus dilayani KPKNL Banjarmasin sebanyak 803 satker terbagi menjadi beberapa kelompok pelayanan. Kelompok pelayanan ini dikumpulkan sesuai dengan wilayah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) masing-masing satker. Pelaksanaan rekonsiliasi BMN terlaksana dengan baik oleh tim rekonsiliasi BMN KPKNL Banjarmasin. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kepuasan yang tinggi satker terhadap kinerja pelayanan KPKNL Banjarmasin.

Tujuan dari pelaksanaan rekonsiliasi BMN ini adalah penyusunan Laporan BMN dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat. Dalam hal ini,  kerjasama yang baik antara KPKNL Banjarmasin dengan setiap satuan kerja mutlak diperlukan. Pelaksanaan rekonsiliasi BMN pada  semester sebelumnya juga sangatlah baik, hal ini tercermin dalam IKU KPKNL Banjarmasin yang mendapat angka indeks capaian 99,78, capaian ini diharapkan akan naik menjadi angka indeks capaian 100 pada semester ini sehingga laporan BMN dan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat akan semakin baik.

Rekonsiliasi BMN pada saat ini bertepatan pula dengan bulan Ramadan sehingga harapannya rekonsiliasi BMN yang diniatkan sebagai ibadah.  “Para satuan kerja sangat antusias dalam kegiatan rekonsiliasi Semester I Tahun 2014, meskipun pelaksanaannya di bulan Ramadan. KPKNL Banjarmasin juga mempersiapkan hidangan ala kadarnya untuk buka puasa bagi satuan kerja yang berpuasa,” tutur Rudi salah satu petugas rekonsiliasi KPKNL Banjarmasin. (Penulis : Bayu Rizki Fatoni)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini