Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Inisiatif Program Kementerian Keuangan untuk Indonesia Maju
Nissa Rawindadefi
Senin, 26 Agustus 2019   |   184 kali

Banjarmasin, Kamis (22/08) berlokasi di Aula Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah diselenggarakan acara Bincang Transformasi Tema Penerimaan dan Dialog Penguatan Kebangsaan yang diadakan oleh Tim Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Pusat (Central Transformation Office). Narasumber yang diundang yaitu Direktur Intelijen Perpajakan (DJP), Tenaga Pengkaji Bidang Pengembangan Kapasitas dan Kinerja Organisasi (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai), Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak (Direktorat Jenderal Anggaran), dan Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam acara tersebut hadir pula Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Selatan dan Tengah, Ferdinan Lengkong, Kepala Kanwil DJBC Kalimantan Bagian Selatan, Hary Budi Wicaksono dan para Pejabat Eselon II di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Kanwil DJBC Kalbagsel. Bapak yang akrab disapa Wicak ini menyampaikan bahwa kini sedang memasuki fase kelima yaitu fase transformasi digital, dan dengan adanya joint program penerimaan antar DJP. DJBC serta Unit Eselon II lainnya diharapkan dapat membentuk sinergi yang baik.

Adelina Sirait, inisiator Strategis Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK) Kementerian Keuangan mengatakan bahwa perubahan secara besar harus dimanage secara besar pula.

Dalam mendukung transformasi digital di Kemenkeu, Tim Central Transformation office (CTO) menggugah sebelas Inisiatif Program sebagai salah satu upaya mewujudkan visi Kementerian Keuangan yaitu menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang produktif, kompetitif, inklusif, dan berkeadilan di abad-21. Sebelas inisiatif program tersebut empat diantaranya bersifat sentral, yaitu penguatan budaya Kemenkeu: The New Thinking of Working, Office Automation, Organisasi & SDM, dan Modern E-Learning. Dan tujuh lainnya adalah sebuah sinergi yang dibentuk dari bidang penerimaan, perbendaharaan, dan penganggaran. Tim CTO berinisiatif untuk mencanangkan Unified Revenue Account Management, Joint Program Optimalisasi Penerimaan, Core Tax System, Simplifikasi Pelaksanaan Anggaran, Penyediaan Data Transaksi Pemda, Integrasi Proses Bisnis Perencanaan dan penganggaran, dan pengelolaan dana pensiun.

Di akhir acara ditutup dengan Dialog Penguatan Kebangsaan oleh Ifan Hasiholan Sirait, perwakilan dari Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Penguatan kebangsaan wajib diinternalisasikan oleh seluruh warga negara Indonesia, agar ada rasa memiliki sehingga muncul semangat untuk memajukan Indonesia. (Tim Humas KPKNL Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini