KPKNL Banjarmasin
Berita DJKN

Sosialisasi Ketaspenan, Memahami Hak dan Kewajiban di Masa Depan

Jum'at, 09 Agustus 2019   |   32 kali

Banjarmasin- Rabu (07/08) Taspen Banjarmasin melakukan sosialisasi ketaspenan terkait hak dan kewajiban bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan KPKNL Banjarmasin. Edi Siswo Sugiyono selaku Kepala Bidang Layanan Taspen Banjarmasin ini akan memaparkan tentang bisnis utama Taspen serta hak-hak dan kewajiban yang didapatkan oleh peserta Taspen.

Dalam pemaparannya, Taspen tidak hanya membayarkan Dana Pensiun yang diberikan setiap bulan, tetapi juga memberikan jaminan lainnya seperti Asuransi Briguna yaitu jaminan bagi peserta dan anggota keluarga yang meninggal, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Taperum. Karena tiap bulannya peserta Taspen telah membayarkan kewajibannya sebesar 10% dari Gaji Pokok dan Tunjangan Keluarga untuk mendapatkan nilai tambah tersebut. Hak-hak tersebut dapat diperoleh jika peserta memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Bapak yang membawahi 14 Pemda di wilayah Banjarmasin menyampaikan bahwa untuk mendapatkan informasi dan mengklaim hak-hak peserta saat ini lebih mudah karena Taspen telah menyediakan fasilitas seperti Mobil Layanan Taspen, Layanan Klim 1 Jam, Aplikasi Taspen Otentikasi, Aplikasi SIMGAJI,  dan Mitra Layanan Taspen yang tersebar di beberapa wilayah.

Kepala KPKNL Banjarmasin, Sugeng Harijadi, dalam sambutannya mengatakan, “Semoga sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan bagi para pegawai ASN di KPKNL Banjarmasin dan lebih mengerti kewajiban apa yang harus dilaksanakan agar mendapatkan hak-haknya di hari tua kelak yang sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan.”

Selain itu, Perusahaan yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1963 tentang Pendirian Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PN TASPEN) tanggal 17 April 1963 ini juga menawarkan program Taspen Save. Program Taspen Save ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN dan PBASN disaat mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) dengan manfaat Top Up Tunjangan Hari Tua (THT).

Jaminan hidup di masa purna bakti tentu bermanfaat bagi para punggawa keuangan negara di KPKNL Banjarmasin ini. Dengan adanya sosialisasi Ketaspenan tersebut dapat menambah wawasan bagi para peserta mengenai jaminan dan investasi masa depan yang dapat dimulai dari sekarang.

Sosialisasi yang dimulai pukul 09.00 WITA tersebut diakhiri pada pukul 11.30 WITA, setelah sebelumnya dilakukan tanya jawa dengan peserta sosialisasi. (Tim Humas KPKNL Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id