KPKNL Banjarmasin
Berita DJKN

Euforia 110 Tahun Lelang Indonesia di KPKNL Banjarmasin

Rabu, 14 Maret 2018   |   354 kali

Banjarmasin - Lelang berlaku di Indonesia pertama kali saat masa penjajahan Belanda. Pada masa itu jabatan pemerintahan dan perusahaan-perusahaan Belanda dijabat oleh orang-orang Belanda. Ketika terjadi perpindahan/mutasi timbul masalah mengenai penjualan barang-barang milik pejabat tersebut. Oleh karena itu, pada tahun 1908 Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad 1908 nomor 189 tentang Vendu Reglement (VR).

Tahun 2018 ini, tepat 110 tahun lelang di Indonesia. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banjarmasin tidak ketinggalan ikut memperingati momentum 110 tahun lelang di Indonesia dengan berbagai rangkaian acara.

Pada Sabtu (24/2/2018) KPKNL Banjarmasin membuka Mini Expo di Menara Pandang Siring Sungai Martapura sebagai bentuk pengenalan lelang kepada masyarakat. Acara tersebut dikemas secara apik, sehingga membangkitkan antusiasme dari masyarakat sekitar untuk mengikuti acara tersebut. Mulai dari permainan “Pendekar Lelang” yang menguji ketangkasan dalam melempar anak panah ke dartboard. Kemudian jika anak panah berhasil menancap di dartboard peserta berhak mendapatkan hadiah dengan syarat berhasil menjawab pertanyaan sederhana mengenai lelang. Permainan “Pendekar Lelang” ini berhasil mencuri perhatian masyarakat sekitar. Ditambah lagi, dengan permainan musik Panting khas Banjarmasin dan biola semakin memeriahkan acara hari itu.

Selain itu, masih ada lomba e-Auction Quiz merupakan pengenalan lelang melalui kuis online. Tak disangka daya tarik masyarakat sangat tinggi, peserta kuis tersebut mencapai 538 orang. Semakin menyemarakkan peringatan 110 Tahun Lelang di media sosial, KPKNL Banjarmasin juga mengadakan lomba Photo Booth Contest.

Puncak acara peringatan 110 Tahun Lelang ini diselenggarakan pada Rabu (28/2/2018) di KPKNL Banjarmasin. Tema yang diangkat adalah Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Tepercaya. Acaranya meliputi sambutan Kepala KPKNL Banjarmasin dan Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalselteng, pemutaran video sejarah lelang, pemberian penghargaan kepada mitra kerja yang telah mendongkrak capaian kinerja lelang tahun anggaran 2017, dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng Kepala KPKNL Banjarmasin. 

Acara puncak semakin semarak dengan diterbangkannya pesawat mini dan flyer yang bertujuan untuk mempublikasikan momentum 110 lelang kepada masyarakat luas di Kalimantan Selatan. Selain itu, ada pelepasan balon sejumlah 110 yang melambangkan 110 tahun lelang Indonesia yang diterbangkan oleh seluruh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Keuangan dan Pimpinan Wilayah Perbankan Provinsi Kalimantan Selatan.

Inti acara puncak diselenggarakan lelang instan barang-barang elektronik, lelang e-konvensional BMD Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan lelang online dengan open bidding barang milik kantor lelang Borneo. Peserta lelang instan barang-barang elektronik tidak perlu menyertakan uang jaminan, hal ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat sekitar yang mayoritas belum tahu tentang lelang. Tak disangka lelang instan mampu menumbuhkan antusiasme masyarakat terhadap lelang, bahkan harga barang elektronik tersebut ada yang mencapai empat kali lipat dari nilai limit.

Modernisasi lelang terbukti menjadikan lelang sebagai media jual beli yang handal dan tepercaya, bukti nyatanya peminat lelang kian hari kian meningkat. Bahkan dalam lelang e-konvensional BMD Pemprov Kalimantan Selatan tiap barang yang ditawarkan, diikuti hampir tiga puluh peserta dan harga barang meningkat yang cukup signifikan dari nilai limit. (humas KPKNL Banjarmasin)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Pramuka No. 7 Banjarmasin - 70249
(0511) 4281286
(0511) 4281261
kpknlbanjarmasin@kemenkeu.go.id