Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Kilas Peristiwa
Kemeriahan Munggahan Menyambut Bulan Ramadhan di KPKNL Bandung
Gumilang Wicaksono
Jum'at, 26 Mei 2017   |   305 kali

Pada hari Jumat, 12 Mei 2017 siang tampak keramaian tidak biasa di KPKNL Bandung. Menjelang shalat Jumat, seluruh pegawai dan pejabat di lingkungan KPKNL Bandung berkumpul di aula untuk mendengarkan tausyiah dari Ustadz Ahmad Wardi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Acara dibuka oleh MC Dewi Christina dan turut hadir pula Rofii Edy Purnomo, Kepala KPKNL Bandung untuk menyampaikan sambutan pada siang itu.

Dalam kesempatan yang penuh berkah itu, Ustadz Ahmad Wardi menekankan perlunya menghindari 5 hal yang dapat mengurangi pahala dalam beribadah di bulan Ramadhan, yakni : berdusta, membicarakan aib/keburukan orang lain, melakukan fitnah, bersumpah palsu, dan memandang segala hal dengan nafsu. Tausyiah disimak dengan seksama oleh para peserta dan menjadi bekal dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini.

Begitu tausyiah selesai, para pegawai pria melaksanakan ibadah shalat Jumat dan para pegawai wanita bersama-sama mempersiapkan acara makan siang spesial. Makan siang kali ini spesial karena dilaksanakan di aula, beralaskan daun pisang yang dihamparkan membentuk huruf ‘T’ terbalik. Di atas daun pisang tersebut digelar berbagai macam lauk pauk, sayuran, kerupuk, hingga semur jengkol, dan tak lupa nasi liwet hangat. Dalam tradisi Jawa Barat, makan bersama dengan cara seperti itu dikenal dengan nama ‘botram’. Botram kali ini sengaja dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan sehingga sekaligus ‘munggahan’.

Pada pukul 12.30 WIB, ketika para pegawai pria selesai shalat Jumat, acara munggahan pun dimulai. Acara ini tak lupa dihadiri pula oleh perwakilan Kanwil DJKN Jawa Barat. Seluruh pegawai maupun pejabat duduk bersisian di satu hamparan daun yang sama, makan menggunakan tangan, dan saling berbagi lauk pauk. Keakraban sungguh terasa sehingga makan pun menjadi semakin nikmat. Sesi foto bersama juga menjadi selingan yang menambah hangatnya suasana pada siang Jumat berkah itu. Selamat menyambut bulan Ramadhan, rekan-rekan DJKN! (Teks dan Gambar : Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bandung)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini