Bandung- Kantor Pelayanan
Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung bekerjasama dengan PT Saung Angklung
Udjo (SAU) menyelanggarakan lelang angklung. Pemasaran
Angklung SAU baru kali dilaksanakan secara lelang online melalui website www.lelang.go.id dengan
metode penawaran closed bidding, pada
Selasa (29/06).
Lelang dipimpin oleh
Pelelang Ahli Pertama KPKNL Bandung, Munawar Eka Fitrah, dengan Pejabat Penjual
Opik Taufiq Maulana. Angklung yang
dilelang berjumlah 13 unit dengan berbagai tipe. Angklung tersebut merupakan
produksi dari SAU. Selain bergerak di bidang pagelaran seni budaya, SAU juga
memiliki usaha dibidang lain, salah satunya memproduksi alat music angklung.
Sempat viral beberapa hari
yang lalu, lelang produk angklung SAU ternyata hanya laku satu unit. Namun
demikian tidak mengurangi semangat SAU untuk terus memperluas lingkup pemasaran
produk angklungnya. Pemasaran lewat lelang.go.id ini menjadi batu loncatan
pemasaran angklung, serta sebagai platform baru dalam pemasaran angklung.
“Lelang angklung akan kita laksanakan lagi dengan pemasaran yang lebih
intens, sehingga informasi pengumuman lelang angklung dapat menjangkau semua
lapisan masyarakat, dan pada akhirnya dapat laku dalam jumlah yang sinifikan”,
ujar Opik.
Produk angklung SAU mengutamakan
kualitas suara yang dihasilkan. Angklung SAU bukan sekedar cindera mata semata,
malainkan sebagaimana fungsi utamanya sebagai alat musik, tambah Opik.
Melalui lelang.go.id,
diharapkan produk angklung SAU semakin dikenal dikenal masyarakat. "Kedai Lelang UMKM” diharapkan
dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional dan membantu para pelaku UMKM
mendapatkan motivasi dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi serta mampu
bangkit di tengah pandemi. Pada akhirnya dapat membantu keuangan SAU yang karena
kondisi covid 19 mengalami kesulitan, yang mengakibatkan banyaknya karyawan
yang harus dirumahkan.
Teks.dan Dokumentasi :
Nining Nur Taslimah