Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya
Nining Nur Taslimah
Rabu, 23 Juni 2021   |   15035 kali

Bandung- Focus Group Discussion (FGD) periode Triwulan II Tahun 202, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung, Sigit Prasetyo Nugroho menyampaikan kementerian keuangan (kemenkeu) bisa menjadi satu kesatuan, sehingga dapat tercipta kemenkeu yang terpercaya. FGD tersebut diselenggarakan secara darling, mengingat semakin meningginya kasus Covid-19, Senin (21/06).

Sigit biasa disapa juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil Survei Budaya Kemenkeu (2019) dan Implementasinya secara keseluruhan pemahaman pegawai atas tata nilai Kemenkeu cukup baik (8,3).  Namun demikian, peristiwa empiris menunjukkan perlunya kalibrasi dan penguatan secara berkelanjutan. Hal ini ditunjukan dengan angka skor indeks budaya terendah di komponen nilai INTEGRITAS, SINERGI, dan KESEMPURNAAN. Nilai-nilai tersebut menjadi prioritas untuk dilakukan penguatan dengan konsep collaborative action budaya KEMENKEU SATU.

 “Kementerian keuangan sekarang ini berusaha menghilangkan silo-silo atau pengkotak-kotakanan antar unit eselon satu. Sekarang telah dibuka sekitar empat ratus posisi yang bisa ditempati seluruh teman-teman unit eselon satu melalui seleksi internal” ujar Sigit,

Adapun latar belakang atau definisi kolaborasi dalam mendukung Kemenkeu Satu adalah ber-Bhineka Tunggal Ika, inklusif dan bersatu bersama mewujudkan Kemajuan Indonesia. Sedangkan Prinsip-prinsip dasarnya terdiri dari:

1.   Tidak menghilangkan kewenangan

2.   Bekerjasama untuk tumbuh bersama-sama

3.   Kolaborasi Fungsi, Prosedur dan TIK

4.   Standardisasi layanan, standardisasi sikap/prilaku

5.   Memonitor capaian  visi Kemenkeu

Salah satu Inisiatif Strategis Kemenkeu Satu adalah melalui Penguatan Kolaborasi Budaya dan Sistem. Ekspektasinya adalah Kemenkeu dapat menjadi miniatur Indonesia. Sinergi lintas unit eselon satu dan unit eselon dua  yang perlu dioptimalkan dan perlu penguatan budaya dan sistem Kemenkeu Satu.

“Peluang untuk menguasai berbagai bidang tugas di kementerian keuangan semakin terbuka, dengan adanya seleksi internal antar unit eselon satu. Bahkan kedepannya kemenku men-challenge pegawainya untuk menjadi leader diluar kementerian keuangan,” tambah Raden Ahmad Iman Abdurrahman.

Terkait kolaborasi lelang juga disampaikan oleh Wasis Winarto, Kepala Seksi Pelayanan Lelang. Lelang merupakan kolaborasi pemulihan ekonomi nasional antara KPKNL dengan pihak eksternal dalam hal ini perbankan.Sedangkan kolaborasi dengan unit eselon satu yaitu tentang pemungutan pajak terhadap lelang tanah.

Sebagai penutup forum diskusi, Sigit menegaskan agar kita tetap menunjukan eksistensi kita diantara unit eselon satu lainnya. Kita harus menjadi unit yang handal dan dicintai oleh stakeholder agar eksistensi kita tetap terjaga.

Teks./Dokumentasi : Nining Nur Taslimah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini