Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Pemusnahan Kertas Sekuriti
Nining Nur Taslimah
Jum'at, 18 Desember 2020   |   231 kali

Bandung. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung melakukan penghancuran/pemusnahan Kertas Sekuriti (security paperbertempat di ruang Rapat KPKNL Bandung, Jumat (18/12). Penghancuran/pemusnahan Kertas Sekuriti yang rusak, cacat atau diakibatkan kesalahan percetakan dari 01 Januari 2020 sampai dengan tanggal 17 Desember 2020. Jumlah Kertas Sekuriti yang dimusnahkan sebanyak 45 (empat puluh lima). Kegiatan ini dihadiri perwakilan bidang lelang Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Barat.

Pemusnahan Kertas Sekuriti dilakukan guna memenuhi Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012 yang menyebutkan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan security paper tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, maka security paper tersebut disimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL.

Pemusnahan Kertas Sekuriti dilakukan Wasis Winarto Kepala Seksi Pelayanan Lelang dan Yulianto Plt. Kepala Subbagian Umum KPKNL Bandung dan Hikmah Anita Kepala Seksi Bimbingan Lelang I Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Barat.

Acara dimulai dengan sambutan Wasis Winarto mewakili Kepala KPKNL Bandung. “Penghancuran/pemusnahan kertas sekuriti dilakukan karena adanya salah cetak dalam pembuatan kutipan, nantinya kedepan kesalahan pengetikan dapat diminimalisasi sehingga tidak banyak yang harus dimusnahkan dan pemusnahan dapat dilakukan setiap triwulan sekali”, ujarnya.

Hikmah Anita perwakilan Kanwil DJKN Jawa Barat juga menambahkan bahwa pemunahan kertas sekuriti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terhadap penyalahgunaan kertas sekuriti dan pemusnahan kertas sekuriti dapat dilakukan setiap triwulan sekali.

Setelah pemusnahan/penghancuran kertas sekuriti dibuat Berita Acara Pemusnahan, Wasis Winarto, Kepala Seksi Lelang bertindak untuk dan atas nama KPKNL Bandung dan Hikmah Anita, Kepala Seksi Bimbingan Lelang I bertindak untuk dan atas nama Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat.

Pemusnahan kertas sekuriti menggunakan mesin penghancur kertas. Diharapkan pemusnahan Kertas Sekuriti merupakan langkah untuk melindungi pemenang lelang dari pihak-pihak yang tidak bertanggunga jawab. Pemusnahan kertas sekuriti merupakan bagian pengelolaan kertas sekuriti, hal ini guna memastikan pengelolaan kertas sekuriti  telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Teks./Dokumentasi : Nining Nur Taslimah

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini