Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Ingin Raih Predikat WBK/WBBM, KPKNL Bandung Studi Banding ke KPKNL Bekasi
Dadang Priana
Rabu, 08 Mei 2019   |   369 kali


 

Bekasi - Dalam rangka persiapan KPKNL Bandung menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi(WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Bandung, Rony Edy Susanto dan Kepala Sub Bagian Umum  KPKNL Bandung, Jajah Wiharya beserta staf melakukan kunjungan studi banding ke KPKNL Bekasi yang telah mendapatkan predikat sebagai Kantor dengan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi (2/5/2019). Kunjungan dilakukan untuk melihat secara langsung proses layanan, layout ruangan,  penataan berkas, inovasi pelayanan, dokumen dan hal-hal lain yang diperlukan dalam proses membangun Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala KPKNL Bekasi, Partolo didampingi Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Bekasi, Ratna Mukadimah dan Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Bekasi, Titi Purwanti.


Menurut Ratna dan Titi, perbaikan layanan kepada pengguna layanan menjadi keharusan dan kuncinya terdapat dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan yang meliputi integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, kesempurnaan, serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung.  “Nilai-nilai Kemenkeu itulah yang harus dilakukan internalisasi kepada seluruh pegawai dengan pimpinan sebagai role model-nya” imbuh Ratna.


Partolo menambahkan bahwa untuk membangun Kantor berpredikat WBK/WBBM diperlukan komitmen yang kuat dari pimpinan dan seluruh staf, kemudian seluruh kegiatan dalam rangka pembangunan kantor WBK/WBBM maupun hal-hal yang terkait dengan kinerja kantor agar didokumentasikan, sehingga terlihat dinamika dari kantor tersebut. Integritas menjadi “harga mati” yang senantiasa terpatri dalam pola pikir, perkataan, dan tindakan dengan memegang kode etik dan prinsip moral. Selain itu, petugas Front Office / Area Pelayanan Terpadu harus memahami tugas dan fungsi, melayani dengan ramah, profesional, dan tuntas, dan untuk mempermudah layanan perlu disiapkan inovasi, dan pemberian akses informasi layanan kepada para pengguna jasa.

Kunjungan studi banding ke KPKNL Bekasi sebagai bencmark Kantor Pelayanan yang telah meraih predikat WBK menjadi referensi bagi KPKNL Bandung untuk membangun zona integritas WBK/WBBM untuk pelayanan yang lebih baik. (Naskah dan foto, Dadang, Seksi HI KPKNL Bandung)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini