Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Lokakarya Peningkatan Soft Competency Pegawai KPKNL Bandung : Bersinergi untuk Negeri, Revaluasi BMN Berkualitas!
Fildzah Rio
Senin, 16 Juli 2018   |   221 kali

 Bandung( Kamis (12/07/2018)- Para pegawai KPKNL Bandung berkesempatan mengikuti lokakarya tersebut dipandu oleh Ita Hartati dan Sri Chairina dari PPSDM Kementerian Keuangan serta Intania Nextar sebagai perwakilan dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN. Lokakarya tahun ini mengambil tema ‘Bersinergi untuk Negeri, Revaluasi BMN Berkualitas’ karena revaluasi BMN masih menjadi program utama DJKN sebagai revenue center di tahun ini. Program lokakarya peningkatan soft competency pegawai DJKN merupakan agenda rutin yang diadakan oleh Kantor Pusat DJKN bekerja sama dengan PPSDM Kementerian Keuangan dalam rangka peningkatan kualitas SDM di lingkungan DJKN.

Agar terlihat rapih,kompak dan seragam, para pegawai diwajibkan untuk mengenakan kaos putih, celana jeans, dan sepatu olahraga. Lokakarya dibagi ke dalam dua sesi yakni outdoor dan indoor. Bertempat di lapangan tenis Gedung Keuangan Negara Bandung, sesi outdoor dibuka dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Bandung, Adriana Viveryanti. Yanti berharap acara lokakarya dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM di KPKNL Bandung serta dapat menjadi ajang untuk refreshing sejenak dari rutinitas pekerjaan.

Sesi outdooor pun dimulai dengan beberapa permainan yang bertujuan untuk mengakrabkan para peserta agar peserta semakin mengenal satu sama lain. Beberapa permainan seperti membuat lingkaran besar untuk salam perkenalan, berbaris berdasarkan kategori tertentu tanpa komunikasi verbal, permainan Bingo : Get to Know You, hingga berkelompok sesuai dengan jumlah yang ditentukan, dilaksanakan dengan riang gembira oleh para pegawai. 

Setelah terbentuk empat kelompok, permainan pertama yakni kereta balon dimulai. Para peserta meniup sendiri balon-balon sebagai alat utama kemudian berbaris per kelompok dengan dibatasi balon-balon tersebut sehingga membentuk kereta. Kemudian antar kelompok pun saling balap untuk memindahkan sepuluh kelereng satu per satu dari satu sisi lapangan ke sisi lainnya. Perlombaan menjadi riuh karena sengitnya persaingan yang terjadi antarkelompok. Permainan ini merupakan uji kekompakan para peserta, karena sangat membutuhkan kerja sama antar anggota kelompok.

Setelah istirahat, permainan kedua yakni memecahkan misteri riddle Sherlock Holmes sebanyak lima kasus pun dimulai. Kelima misteri tersebut menuntut kemampuan para peserta dalam hal problem solving sekaligus mengasah ketajaman analisis.

Permainan selanjutnya yang tidak kalah seru adalah water transfer yang mengharuskan para peserta berbagi tugas dalam kelompok. Ada yang bertugas memenuhi spons dengan air kemudian memeras air tersebut ke dalam ember, setelah itu air dimasukkan ke dalam plastik-plastik, dan dilemparkan ke anggota tim lainnya yang sudah siap dengan kain sebagai penampung plastik-plastik air. Tim yang berhasil mengumpulkan air lebih banyak adalah pemenangnya. Selain kerja sama, permainan ini sangat membutuhkan koordinasi dan konsentrasi dalam setiap tugas yang diberikan. Permainan terakhir yakni baloon tower adalah perlombaan untuk menyusun balon-balon setinggi dan sekokoh mungkin sehingga tidak mudah rubuh. Lagi-lagi perlombaan ini mengasah kemampuan para peserta untuk berpikir cerdas dan penuh strategi.

Sesi indoor  dilaksanakan setelah istirahat siang di ruang aula lantai 3 KPKNL Bandung. Fasilitator dari PPSDM kemudian membuka forum diskusi untuk para peserta mengenai hikmah serta pelajaran di balik permainan-permainan di sesi outdoor . Para peserta pun dengan antusias berdiskusi bersama untuk mengambil pelajaran dan nilai-nilai dari permainan tersebut, sehingga dapat diaplikasikan ke dalam pekerjaan.

Pemaparan berikutnya adalah lima ciri karakter unggul yang harus dimiliki oleh pegawai DJKN, yakni : integritas, komunikasi, motivasi, etos kerja, dan teamwork. Pemaparan dilengkapi dengan role play yang diikuti oleh seluruh peserta, sehingga pemahaman mereka terhadap materi semakin mendalam. Sesi berikutnya adalah penyampaian current issues kepegawaian oleh Intania Nextar dari Bagian Kepegawaian Kantor Pusat DJKN. Intan menyampaikan beberapa hal baru dalam bidang kepegawaian, antara lain: jabatan fungsional di DJKN, cuti ke luar negeri online melalui HRIS, dan manajemen talenta beasiswa.

Pada akhir Lokakarya diumumkan nama tim pemenang permainan outdoor dan sesi berfoto bersama. Acara lokakarya kali ini mampu meningkatkan kekompakan dan semangat dalam bekerja para pegawai KPKNL Bandung. Sinergi yang semakin baik diharapkan mampu meningkatkan semangat kinerja para pegawai untuk menyelesaikan revaluasi BMN dan target kinerja lainnya, sehingga terwujud KPKNL Bandung juara. (Foto dan teks : Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bandung)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini