Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
110 Tahun Lelang di Indonesia: KPKNL Bandung Adakan FGD Lelang Untuk Meningkatkan Sinergi dengan Sektor Perbankan
Fildzah Rio
Kamis, 01 Maret 2018   |   250 kali

Bandung - Pada Selasa (27/02/2018) di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL Bandung) diadakan Forum Group Discussion (FGD) Lelang  dengan peserta dari Kanwil DJKN Jawa Barat, KPKNL Bandung, dan peserta dari Perbankan, dari BUMN, maupun Swasta serta Lembaga Pembiayaan.

FGD ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan oleh KPKNL Bandung dan Kanwil DJKN Jawa Barat dalam rangka memperingati 110 tahun lelang di Indonesia. Kegiatan FGD ini dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, R.B. Sigit Budi Prabowo yang menjabat Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi.

Dalam sambutannya, Sigit berharap agar dengan dihelatnya kegiatan FGD ini dapat meminimalkan terjadinya gugatan, meningkatkan  persentase barang yang terjual lelang, dan menjadikan lelang sebagai sarana terbaik bagi kreditur maupun debitur untuk menyelesaikan sisa hutangnya.

Menjadi narasumber kegiatan ini adalah perwakilan dari Pengadilan Negeri Bandung, Susilo Nandang Bagio dan Anwar Hamid serta Kepala Seksi Bina Lelang Kanwil DJKN Jawa Barat, Yusuf Supriadi. Acara dimulai sejak pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Yusuf menjadi pembicara pertama dalam FGD. Ia memaparkan lelang eksekusi atas aset debitur wanprestasi, tanggung jawab penjual (khususnya bank), kewajiban penjual, pentingnya laporan penilaian, hingga pembatalan lelang. Kegiatan ini semakin menarik ketika para peserta diberikan waktu untuk bertanya dalam sesi tanya jawab.

Susilo yang merupakan panitera muda perdata PN Bandung berkesempatan untuk menjelaskan mengenai eksekusi pengadilan serta perkembangan perkara terkait lelang di PN Bandung. Perkara lelang memang merupakan perkara hukum dominan yang dihadapi oleh KPKNL Bandung. Saat ini, mayoritas gugatan perdata yang ditujukan kepada KPKNL Bandung adalah menyangkut lelang, terutama lelang eksekusi hak tanggungan.

Sesi tanya jawab kembali digelar menjelang akhir acara. Para peserta tampak menunjukkan antusiasnya saat pembahasan mengenai lelang Eksekusi Undang-Undang Hak Tanggungan. Diharapkan acara seperti ini semakin memperkuat sinergi antara KPKNL Bandung dengan sektor perbankan yang merupakan stake holder penting dalam pelaksanaan lelang. (Teks/foto: Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bandung)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini