Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bandung > Berita
Kunjungan Lapangan Mahasiswa Program Diploma I Pajak BDK Cimahi ke KPKNL Bandung
Gumilang Wicaksono
Senin, 31 Juli 2017   |   221 kali

Bandung - ( 7/7/2017)  Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung menerima kunjungan belasan mahasisiwa Program Diploma I Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Keuangan Cimahi untuk mengenal lebih jauh unit vertikal di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).   

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kurikulum pendidikan satu tahun sebelum ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan.

Datang sejak jam pelayanan dibuka, menjadi simbol antusiasme yang tinggi para mahasiswa kedinasan di bawah Kemenkeu itu.

Kepala Seksi  Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Bandung Ramli Simbolon, dan  Kepala Seksi Penilaian KPKNL Bandung Dinnurdin Daryono, menerima kunjungan tersebut sekaligus menyampaikan materi tentang tugas fungsi KPKNL Bandung secara simultan.

Pada kesempatannya, Ramli Simbolon mengutarakan bahwa tugas KPKNL Bandung dalam melayani masyarakat cukup beragam. Pemangku kepentingan yang dilayani oleh KPKNL Bandung dari masyarakat umum hingga satuan kerja (satker) Kementerian/Lembaga, termasuk TNI, Polri, Rumah Sakit serta Bank Pemerintah maupun Swasta.

Ramli menuturkan pemangku kepentingan dari masyarakat umum biasanya adalah para peserta lelang yang akan dilayani oleh Seksi Pelayanan Lelang, para debitur Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) yang akan dilayani oleh seksi Piutang Negara. Sementara itu, pemangku kepentingan dari Satker Kementerian/Lembaga  biasanya dilayani oleh seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dalam hal permohonan layanan misalnya Penetapan Status Penggunaan, Pemanfaatan, Pemindahtanganan, Penghapusan.

Setelah itu, Ramli kembali menambahkan pemangku kepentingan selanjutnya yang dilayani adalah Bank Pemerintah maupun swasta. Jenis layanan yang diberikan adalah berupa Lelang Eksekusi Hak Tanggungan yang akan ditangani oleh seksi Pelayanan Lelang berupa penyelenggaraan Lelang secara E-Auction maupun Konvensional yang dibuka oleh Pejabat Lelang.

Dinnurdin Daryono menambahkan, tak hanya berurusan dengan seksi PKN, biasanya satker juga mengajukan permohonan Penilaian atas aset yang dimiliki. "Rumah Sakit Pemerintah pun menyerahkan berkas piutangnya untuk dilakukan pengurusannya oleh KPKNL Bandung yang menjadi tugas seksi Piutang Negara," tambahnya.

Tak lupa Dinnurdin Kembali menambahkan selain yang disebutkan di atas terdapat Seksi Hukum dan Informasi sebagi unit litigasi apabila ada perkara yang menyangkut KPKNL sebagai institusi serta menjalankan fungsi kehumasan, terdapat pula seksi Kepatuhan Internal yang mengawasi kualitas mutu layanan yang diberikan kepada pemangku kepentingan agar tetap sesuai standar pelayanan. 

Dinnurdin juga menyampaikan bahwa di KPKNL Bandung juga terdapat Subbagian Umum  yang mengurusi kesejahteraan pegawai, jenjang kepangkatan, pendidikan dan segala hal yang berhubungan dengan kepegawaian.

Disamping materi yang diberikan terdapat tanya jawab yang berkisar tentang nilai-nilai budaya kerja organisasi yang dianut di KPKNL Bandung, dan pemateri menjawab bahwa budaya kerja tersebut sejalan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Para Pemateri juga berpesan agar para mahasiswa siap untuk ditempatkan di manapun di semua lini Kementerian Keuangan. Acara pun diakhiri dengan mengunjungi ruangan setiap seksi guna menyaksikan bisnis proses yang dijalankan supaya membentuk pemahaman yang utuh antara materi yang sudah disampaikan dengan apa yang mereka saksikan sendiri di lapangan.(Foto dan naskah : Seksi HI KPKNL Bandung)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini