Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh Optimis Pertahankan Predikat ZI/WBBM
Muhammad Athaya Zhafran
Jum'at, 28 Oktober 2022   |   92 kali

Kamis, 27 Oktober 2022, KPKNL Banda Aceh menerima kunjungan Tim Penilai Kementerian Keuangan dalam monitoring dan evaluasi keberlanjutan WBBM. Tim Penilai Kementerian ini terdiri dari Inspektorat Jenderal, Biro Organta Sekretariat Jenderal Kemenkeu serta didampingi oleh Bagian Kepatuhan Internal (KI) Kantor Pusat DJKN. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Kepala KPKNL Banda Aceh, Istina Setya Lestari beserta jajarannya.

Field Evaluation dimulai dengan office tour dengan melihat sarana dan prasana yang tersedia di kantor. Office tour ini dimulai dengan mengelilingi area open space kantor dan dilanjutkan dengan interaksi Tim Penilai Kementerian dengan para pegawai. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengecekan gudang arsip dan pengecekan sarana dan prasarana lain seperti ruang Area Pelayanan Terpadu (APT), ruang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), ruang laktasi, ruang mushola/rest area, toilet, dan area parkir.

Simulasi terhadap mekanisme pelayanan kepada stakeholder dan inovasi pada KPKNL Banda Aceh juga dilakukan. Hal ini ditujukan untuk menguji pelayanan KPKNL Banda Aceh kepada stakeholder serta penerapan inovasi dalam proses bisnis KPKNL Banda Aceh. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan profil kantor dan hal-hal yang telah dilakukan dalam mempertahankan predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) oleh Kepala KPKNL Banda Aceh, Istina Setya Lestari. Pemaparan dibuka oleh MC yang juga merupakan Agen Perubahan KPKNL Banda Aceh, Ajeng Hanifa Zahra Caesar Aprilia dengan sebuah pantun

Jalan-jalan ke Serambi Mekkah

Tidak lupa membeli kupiah

Selamat datang kepada Pak Cholil dan Ibu Wardah

Kami siap menyambut dengan sumringah

“Selamat datang kami ucapkan kepada Tim Penilai Kementerian dan Perwakilan KI DJKN di Bumi Serambi Mekkah” sambut Istina dengan ramah kepada Tim Penilai Kementerian. Demi menggalang semangat kebersamaan, pemaparan dimulai dengan meneriakan yel-yel KPKNL Banda Aceh. Slogan “Teuku, Teuku, Teuku, Yes, Yes, Yes!” di pagi itu terbukti mampu membakar semangat seluruh pegawai.

Dalam pemaparannya, Istina menjelaskan beberapa inovasi, prestasi, dan keunggulan unit kerja, upaya menjaga keberlangsungan ZI, dan upaya menyebarkan WBK/WBBM ke unit kerja lain. Salah satu inovasi yang dimiliki oleh KPKNL Banda Aceh yaitu Tampilan Teraktual Status Laporan Penugasan dan Keuangan (TAPAKTUAN). Ini merupakan salah satu simplifikasi proses pembayaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sehingga seluruh informasi yang disajikan dalam bentuk digital bertujuan untuk menyediakan informasi yang akurat dan aktual terkait status administrasi dan proses pembayaran perjalanan dinas. Selain TAPAKTUAN, ada beberapa inovasi lain yang dipaparkan oleh Istina yaitu Area Pelayanan Terpadu (APT) Bersama, Aplikasi Pelayanan Tamu Umum (ANTUM), Layanan Pengaduan, Peumulia Jamee, serta Monitoring Integrasi Kekayaan Negara.

Beberapa prestasi kerja yang dimiliki oleh KPKNL Banda Aceh di antaranya realisasi pelaksanaan sertipikasi BMN berupa tanah tercepat dengan capaian 909 sertipikat pada tahun 2021, satker nilai IKPA sempurna (nilai 100) Triwulan II pada Aceh Treasury Awards Tahun 2022, mengikuti kegiatan final cerdas cermat yang terdiri atas enam kantor dari 88 unit kerja pada tahun 2022 dan peringkat harapan keempat KOIN implementasi DJKN kategori optimalisasi aset pada pengguna barang tahun 2021.

Presentasi ini diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi terkait bahan paparan yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Banda Aceh. “Terima kasih Kami ucapkan kepada KPKNL Banda Aceh yang telah menyambut kami dengan hangat. Semoga predikat ZI/WBBM dapat terus dipertahankan oleh KPKNL Banda Aceh” ujar Suryani Wardah mengakhiri kegiatan monev WBK/ WBBM yang merupakan salah satu dari Tim Penilai Kementerian. Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilakukan sebagai upaya dari Kementerian Keuangan untuk memastikan seluruh unit kerja yang telah mendapat predikat WBBM masih mempertahankan nilai-nilai positif sesuai dengan semangat WBK/WBBM serta masih layak mendapat predikat tersebut demi keberlangsungan Good Governance. (HI KPKNL BNA)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini