Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gali Potensi Lelang UMKM, KPKNL Banda Aceh Lakukan Sosialisasi Kedai Lelang Perdana di Tahun 2022
Ajeng Hanifa Zahra Caesar Aprilia
Selasa, 14 Juni 2022   |   206 kali

Banda Aceh - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh menggandeng Inkubasi Pengusaha Mikro Kreatif (i-kumkraf) untuk berpartisipasi dalam ajang Kedai Lelang di tahun 2022. I-kumkraf adalah paguyuban yang menaungi 14.703 pelaku UMKM lintas asosiasi dan komunitas se-Banda Aceh yang memiliki misi untuk mewujudkan kesejahteraan UMKM Banda Aceh yang berintegritas tinggi dan menjunjung etika bisnis bermartabat.

Tim Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang UMKM KPKNL Banda Aceh melakukan sosialisasi kepada i-kumkraf terkait Kedai Lelang sekaligus memperkenalkan lelang.go.id sebagai instrumen jual beli lelang yang efisien, transparan, akuntabel, adil, dan kompetitif kepada UMKM agar produk-produknya dapat dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui digitalisasi layanan lelang tersebut. Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh tidak hanya melakukan sosialisasi, namun juga langsung melakukan identifikasi dan verifikasi berkas serta melakukan survei produk yang nantinya akan dijual.

Komunitas i-kumkraf juga bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Aceh untuk dapat memasarkan produk-produk kreatif yang di hasilkan oleh para murid. Tidak ingin membuang kesempatan, Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh didampingi dengan Duta Transformasi KPKNL Banda Aceh, Riyanieta Setiya Putri langsung melakukan sosialisasi pada Senin (13/06) di Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMKN-PP) Saree, Aceh Besar yang telah memiliki beragam macam produk.

Sekolah yang memiliki sistem boarding school ini dikepalai oleh Muhammad Amin, SP, MP. Sekolah ini memiliki kurang lebih 600 murid dan 6 (enam) program keahlian dalam pertanian yaitu: Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Agribisnis Ternak, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Ternak Unggas dan Pemuliaan & Perbenihan Tanaman.

Memiliki lahan seluas 190 hektar yang mencakup area sekolah beserta bangunan dan perkebunan, sekolah ini berpotensi untuk dikembangkan dengan baik di masa depan. Dengan memanfaatkan lahan yang sangat luas ini, SMK-PP Saree kini memiliki 8 turunan produk yang berasal dari buah lemon, seperti minuman segar, parfume, bumbu kering, dan lainnya yang siap dipasarkan dan membutuhkan platform yang tepat untuk penjualan.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah SMK-PP Saree dan dilanjutkan dengan pengenalan lelang oleh Ketua Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Banda Aceh, Muhammad Hasbi. Tak ketinggalan, sambutan oleh Riyanieta Setiya Putri selaku Duta Transformasi KPKNL Banda Aceh. Teknis sosialisasi, identifikasi, dan verifikasi berkas lelang dipandu oleh Agen Perubahan KPKNL Banda Aceh, Ajeng Hanifa Zahra dan anggota Tim Kedai Lelang, Muhammad Reza Syahputra dan Khana Karrina.

Dengan adanya Sosialisasi Kedai Lelang UMKM ini diharapkan KPKNL Banda Aceh mampu mengeksplorasi produk UMKM dan meningkatkan kerja sama dengan pengusaha UMKM sehingga diharapkan dapat mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan bertujuan untuk membangun spirit kepada seluruh insan lelang DJKN agar terus berinovasi dalam memberikan layanan lelang dan memberikan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan serta dapat berkontribusi bagi penerimaan negara secara optimal. (hi/kpknlbna)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini