Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh Rangkul 2 Brand Kenamaan Aceh
Agung Prasetya
Jum'at, 04 Juni 2021   |   203 kali

Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh yakni Plt. Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Erwin Kusnandar, pelaksana Seksi Pelayanan Lelang, Ajeng, pelaksana Subbagian Umum, Miryam, pelaksana Seksi Hukum dan Informasi, Khana, dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan covid-19, sambangi dua brand lokal yang terkemuka, pada Kamis (03/06). Mereka menyasar brand Ija Kroeng pada pagi hari dan brand Minyeuk Pret pada siang hari. Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh membawa misi untuk membekali kedua brand lokal khas Aceh itu dengan beragam informasi terkait lelang sukarela khususnya dalam kegiatan Kompetisi dan Inovasi (Kedai) Lelang Sukarela Produk UMKM pada www.lelang.go.id dan aplikasi Lelang Indonesia besutan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Erwin sampaikan salah satu tugas dan fungsi yang menjadi layanan unggulan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (dalam hal ini KPKNL Banda Aceh), yaitu pelayanan lelang. "Biasanya kami sering melaksanakan lelang eksekusi, namun selain itu juga kami bisa juga melaksanakan lelang noneksekusi sukarela, yang dilaksanakan secara online melalui www.lelang.go.id atau bisa juga akses dengan mendownload aplikasi Lelang Indonesia dari playstore”, ungkap Erwin. Khairul Yahya Fajri yang merupakan owner Ija Kroeng menyambut baik kedatangan dan rencana kemitraan bersama KPKNL Banda Aceh melaui program kegiatan Kedai Lelang. “Kebetulan teman-teman dari DJKN, Pajak, dan lain-lain juga sering datang ke mari untuk membeli beberapa produk kami”, ungkap Khairul.

Tak ingin membuang kesempatan, Ajeng, memberikan bimbingan teknis langsung kepada Khairul untuk membuat akun lelang pada www.lelang.go.id kemudian Tim juga mengulik latar belakang lahirnya brand Ija Kroeng kepada Khairul. “Ija Kroeng berdiri sejak tahun 2015 ketika saya berada di Jakarta”, tutur pria lulusan teknik mesin itu. Rupanya dari penuturannya, dia telah menyiapkan konsep secara matang usaha Ija Kroeng itu, sehingga beberapa waktu setelah dia menikah, didirikanlah brand Ija Kroeng yang kini berdomisili di Jl. Teuku Umar, Lorong Mahya, Seutui, Banda Aceh, yang hingga kini telah mencicipi fashion show di Perancis dan tengah merambah pasaran di Denmark serta daerah-daerah lain.

Sambung dari Ija Kroeng, Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh melanjutkan misinya, kepada brand Minyeuk Pret di bilangan Gampong Lam Ara, Jl. Wedana, Banda Aceh. Di sana, Tim disambut oleh Direktur Digital atau Digital Strategist brand Minyeuk Pret, Bismi Farhan. Tak jauh berbeda dengan penyampaian oleh Tim kepada brand Ija Kroeng, kali ini giliran Bismi yang diberikan sosialisasi terkait lelang sukarela dan mekanisme kegiatan Kedai Lelang Produk UMKM besutan DJKN Kemenkeu. “Ya, kebetulan sekitar tahun 2019, kami pernah mencoba ikut lelang melalui www.lelang.go.id”, ujar Bismi. Info tersebut rupanya membawa angin segar bagi Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh, karena brand Minyeuk Pret melalui Digital Strategist-nya telah aware (red-mengetahui) tentang lelang DJKN. Bismi menyampaikan ketertarikannya terhadap program kegiatan Kedai Lelang Produk UMKM itu, apalagi produknya merupakan parfum semprot, yang beda dengan objek-objek yang biasa di lelang oleh KPKNL, sehingga diharapkan dapat memantik ketertarikan calon pembeli. Selain Ija Kroeng, brand Minyeuk Pret yang wanginya bukan hanya telah dirasakan se-Nusantara, namun telah merambah hingga pasaran di Inggris, Arab Saudi, Malaysia, Amerika Serikat, Timor Leste, India, Uni Emirat Arab, dan sebagainya, berhasil dirangkul oleh Tim Kedai Lelang KPKNL Banda Aceh. Melalui pertemuan itu, harapannya agar kedua brand itu siap untuk berpartisipasi dalam memasarkan produk unggulan Indonesia yang berasal dari kekhasan daerah Aceh melalui lelang pada www.lelang.go.id atau dapat melalui aplikasi playstore Lelang Indonesia besutan DJKN Kemenkeu. Lebih dari itu, terlepas dari program Kedai Lelang, diproyeksikan agar para pelaku UMKM lain se-Indonesia khususnya yang berdomisili di Aceh (karena merupakan wilayah kerja KPKNL Banda Aceh dan KPKNL Lhokseumawe) dapat turut aktif secara berkesinambungan melaksankan lelang sukarela pada www.lelang.go.id yang dapat juga diakses pada aplikasi playstore Lelang Indonesia.

(hi/kpknlbna)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini