Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penulisan Artikel DJKN, Berawal dari Keberanian Menuju Branding Image Instansi
Agung Prasetya
Kamis, 28 Mei 2020   |   169 kali

Kamis, 28 Mei 2020

Mengutip kalimat dari tokoh-tokoh terkenal seperti, Ali bin Abi Thalib RA, yang menyatakan bahwa “ikatlah ilmu dengan menulisnya”; kemudian Pramoedya Ananta Toer, yang mengungkapkan bahwa “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Melalui menulis, seseorang dapat mewariskan suatu peradaban kepada generasi selanjutnya. Berkaitan dengan menulis, kesempatan kali ini beberapa perwakilan KPKNL Banda Aceh turut serta dalam kegiatan Sharing Knowledge Penulisan Artikel DJKN, melalui aplikasi daring (dalam jaringan). Kegiatan yang sempat dibuka oleh sambutan Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat (HUHU) DJKN itu terselenggara dengan ekspektasi khusus agar seluruh pegawai DJKN dapat semakin terpacu keberanian dan semangat menulisnya dan terus meningkatkan minat menulis serta menambah kontribusi positif dari buah karya penulisan artikel dalam membangun representasi dari keseluruhan persepsi stakeholder/masyarakat terhadap gambaran umum entitas DJKN.

Kegiatan yang dipandu oleh Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat DJKN itu diawali oleh penyampaian hasil survei sederhana yang dilakukan oleh Biro KLI Setjen Kemenkeu berkolaborasi dengan Direktorat HUHU DJKN yang menyasar total 102 responden pegawai DJKN ialah sebesar 49% belum pernah menulis artikel, 80% belum pernah mengikuti pelatihan penulisan artikel/jurnalistik, dan 17% telah sering menulis artikel lebih dari 4 kali. Ketiga komponen itu secara ringkas menunjukkan bahwa telah banyak pegawai yang berpengalaman dalam bidang penulisan artikel namun tak sedikit pula yang masih belum pernah menulis artikel bahkan belum pernah mengikuti pelatihan jurnalistik.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 234 partisipan yang berasal dari pegawai aktif DJKN serta dimotori oleh Direktorat HUHU DJKN itu mengundang Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan, sebagai narasumber sesi Motivasi & Inspirasi Menulis Artikel. Pria yang akrab dengan sapaan Pak Edo itu, membagikan pengalaman-pengalaman terkait implementasi publikasi pada media cetak oleh insan-insan Kemenkeu se-Provinsi Kalimantan Barat khususnya insan-insan DJKN. Terobosan dan kebijakan pun telah banyak ditempuh oleh unit-unit vertikal Kemenkeu RI di Provinsi Kalimantan Barat. Salah satu terobosan itu ialah membuat kebijakan 1 minggu 1 tulisan bahkan 1 hari 1 tulisan, yang kemudian hasil penulisannya disortir dan diajukan serta dimuat pada salah satu media cetak di Provinsi Kalimantan Barat. Hal itu merupakan gebrakan yang dimotori oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

Kemudian para Pranata Hubungan Masyarakat Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (Biro KLI) Setjen Kemenkeu RI yaitu Nilam Rakhmawati, menyampaikan materi Penulisan Artikel pada Website Kemenkeu. Wanita lulusan S2 University of Queensland Australia itu juga memberikan tips kepada seluruh partisipan dalam penulisan berita yaitu agar tonjolkan kalimat-kalimat yang mengandung pesan bukan sekadar kisah-kisah belaka. Materi berikutnya terkait Penulisan Artikel pada Majalah Media Keuangan disampaikan oleh Reni Saptati Dwi Iswari. Wanita yang aktif bertugas di Biro KLI Setjen Kemenkeu RI sejak tahun 2007 itu pun memberikan tips kepada seluruh partisipan yakni akan lebih variatif jika penulisan kata ganti sapaan nama orang dapat diubah dengan suatu informasi tambahan yang berkaitan dengan nama jabatan, hobi, capaian-capaian yang pernah diraih, atau hal lain yang melekat dan dapat merepresentasikan subjek orang itu. Sehingga penyebutan subjek/orang dalam suatu artikel tidak monoton menggunakan kata sapaan Bapak atau Ibu. Hal itu dapat ditempuh penulis agar menghindari kesan bosan bagi pembaca suatu artikel.

[Narasi-foto: agp/kpknlbna]

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini