Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rangkaian Kegiatan Pekan Lelang: Melalui e-Auction maupun Konvensional tetap laku keras!
Fakhri Nurfaiz
Kamis, 01 Maret 2018   |   232 kali

Banda Aceh – Tiga minggu sudah dilaksanakan berturut-turut kegiatan sosialisasi Lelang dalam rangka Peringatan Lelang di Indonesia yang ke-110 tahun sejak Vendu Reglement 1908. Tiap minggu itu pula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh beserta Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Aceh bahu-membahu dalam menyiapkan rangkaian acara tersebut, dari mulai turun langsung menyebarkan brosur sekaligus menjelaskan lelang kepada masyarakat Banda Aceh di Lapangan Blang Padang dan mengadakan simulasi pelaksanaan lelang konvensional di minggu terakhir (25/2) hingga pelaksanaan Puncak rangkaian acara didahului dengan open house yang dibuka mulai senin (26/2).

Puncak rangkaian acara Lelang bertema “Modernisasi Lelang Untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Tepercaya” yang diadakan serentak di seluruh Indonesia ini juga tidak luput dimeriahkan oleh KPKNL Banda Aceh dengan mengadakan berbagai acara, yaitu Focus Group Discussion (FGD), Rally e-Auction, dan Pelaksanaan Lelang Sukarela.

FGD yang dimulai pukul 10.00 WIB mengundang perbankan yang merupakan stakeholder KPKNL Banda Aceh. Diskusi sendiri terarah seputar Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dan e-Auction. Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa, kemudian pembukaan Kepala Kanwil DJKN Aceh yang diwakili Kepala KPKNL Banda Aceh. Acara inti FGD dipandu Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Aceh Sri Yuwono Hari Sarjito, dengan dua narasumber yaitu Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Aceh  Yuliarno, dan Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Banda Aceh Febriano Iriawan Ishaq.

Selanjutnya diadakan Rally e-Auction berasal dari 3 pemohon lelang yaitu Kanwil DJKN Aceh berupa 5 unit kendaraan bermotor, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh berupa 6 unit kendaraan bermotor dan Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Banda Aceh berupa 1 paket inventaris kantor. Rally e-Auction dimulai dengan barang-barang dari Kanwil DJKN Aceh pada pukul 13.30, dilanjutkan BPS Provinsi Aceh pada pukul 14.00 dan terakhir dari KPPBC TMP C Banda Aceh pukul 15.00 dan per item dimulai secara berurutan satu-persatu.

Lelang Sukarela dilaksanakan selaras dengan kegiatan Rally e-Auction atau tepatnya dimulai pukul 14.00 WIB. Seakan tidak ingin kalah seru, Lelang sukarela yang menawarkan 64 lot barang beragam ini mulai dari Koleksi batu mulia, Senapan jenis PCP dan Uang Kuno untuk para kolektor, hingga kebutuhan sehari-hari baik dalam bidang fashion seperti gaun mandi dan sepatu bermerk original maupun rumah tangga seperti kompor gas, air cooler dan vacuum cleaner.

Seluruh rangkaian acara puncak yang dilaksanakan (28/2) berjalan meriah. Pelaksanaan FGD berjalan tertib dan para peserta antusias dalam menerima materi dan bertanya lebih rinci terkait materi yang disampaikan. Dari sisi pelaksanaan lelang, e-Auction mencatat laku untuk seluruh barang yang dilelang secara rally tersebut, dan lelang sukarela secara konvensional juga berhasil melelang 34 dari total 64 barang, dengan kenaikan yang kompetitif misalnya earpods dengan harga limit Rp 30.000 laku seharga Rp 120.000 atau 400% dari harga limit dan Sepeda baru dengan harga limit Rp 1.000.000 yang laku seharga Rp 3.100.000 atau 310% dari harga limit.

Puluhan peserta lelang yang mendaftarkan dengan kartu identitasnya saja ini tampak antusias dan kompetitif dalam perang bidding harga barang yang sudah diincar. Penjual lelang yang juga berasal dari masyarakat dan mahasiswa menyatakan puas terhadap pelaksanaan lelang sukarela yang diadakan.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan Peringatan Lelang di Indonesia ke-100 tahun ini, diharapkan masyarakat dapat lebih paham terkait lelang baik secara regulasi, maupun praktik lelang sendiri yang semakin inovatif mengikuti perkembangan zaman. (Narasi: FN, Foto: Saidul Azqa & FN)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini