Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh sebagai Pilot Project dalam Uji Coba Pengembalian UJPL Otomatis
Erni Hayati Nasution
Kamis, 03 Agustus 2017   |   330 kali

BANDA ACEH- Pada hari Kamis tanggal 13 Juli 2017, merupakan momen bersejarah bagi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh karena telah berhasil dalam uji coba pengembalian uang jaminan penawaran lelang (UJPL) secara otomatis melalui updating sistem pada aplikasi e- auction yang menyesuaikan dengan aplikasi bank mitra (Cash Management System BRI).  Uji coba ini bertepatan dengan pelaksanaan lelang non eksekusi sukarela melalui internet dengan open bidding. Dari hasil pelaksanaan lelang, bendahara penerimaan  harus mengembalikan UJPL kepada 14 peserta lelang yang tidak dinyatakan sebagai pemenang lelang.  Dengan updating sistem baru ini yang menambah 2 “tombol klik” pada akun bendahara penerimaan di aplikasi e auction, sistem langsung memilah rekening peserta BRI dan non BRI dan langsung “ mengeksekusi’ pengembalian secara langsung sekaligus pada beberapa bahkan banyak transaksi.

Hal ini tentu mempermudah bendahara penerimaan dalam verifikasi data, percepatan pelayanan, capaian SOP, meminimalisir kesalahan akibat  human error” dan tentunya memberi kepuasan kepada stakeholder. KPKNL  Banda Aceh secara khusus kerap kali menghadapi pelaksanaan lelang dengan jumlah peserta lelang yang cukup banyak bahkan sampai sekitar 400-500 setoran UJPL untuk satu kali frekuensi lelang terutama lelang-lelang tertentu dengan objek lelang yang marketable.

Proses ini merupakan inovasi yang diinisiasi Kepala Seksi Hukum dan Informasi dalam mewujudkan agenda proyek perubahan pada Diklatpim IV Angk 207 tahun 2017 dengan pendampingan Direktorat Lelang DJKN dan Direktorat PKNSI DJKN. Ujicoba ini selain didampingi oleh tim dari kedua Direktorat diatas juga disaksikan oleh Bidang Lelang Kanwil DJKN Aceh. Mengingat updating sistem ini sangat bermanfaat dalam percepatan proses bisnis dan telah diunggah pada aplikasi e-auction maka sedianya dapat digunakan secara nasional oleh seluruh KPKNL yang bermitra dengan Bank BRI. (EHN)  

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini