Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sebagai Sarana Edukasi, Kolaborasi Unit Kerja DJKN Kaltimtara Selenggarakan DJKN Goes To Campus
Wahyuni Eka Wulandari
Jum'at, 10 September 2021   |   145 kali

Antusiasme ratusan peserta civitas akademik dari berbagai universitas di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara berpartisipasi dalam kegiatan DJKN Goes To Campus secara daring pada hari Kamis (09/09).

 

Program kolaborasi antara jajaran unit kerja DJKN di wilayah Kalimantan Timur dan Utara bekerja sama dengan Balai Diklat Keuangan Balikpapan mengusung topik “APBN 2021 dan Peran DJKN Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”. Mahasiswa- mahasiswi yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari Universitas Balikpapan, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Trunajaya Bontang, Universitas Borneo Tarakan, dan Politeknik Negeri Samarinda.

 

Dengan mengenakan baju takwo, yang merupakan pakaian adat daerah Kutai, duet pembawa acara, Wahyuni dan Putra, memandu acara DJKN Goes To Campus.

 

Dalam opening speech yang disampaikan Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Kusumawardhani, DJKN Goes To Campus diharapkan menjadi sarana edukasi yang efektif dalam menanamkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan keuangan negara dan kekayaan negara dalam perekonomian Indonesia kepada generasi muda, peserta didik dan tenaga pendidik.

 

Selanjutnya, dalam keynote speech yang dibawakan oleh Rektor Universitas Balikpapan, Isradi Zainal, disampaikan hal-hal terkait rekognisi atas program pemerintah dan juga DJKN dalam pemulihan ekonomi nasional. Apresiasi juga disampaikan pihak universitas atas pelaksanaan DJKN Goes to Campus ini.

 

Topik utama mengenai APBN serta peran DJKN dalam pemulihan ekonomi nasional, dipaparkan secara interaktif oleh para narasumber, yaitu Ahmad Zunaidi, Widyaiswara Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, yang memaparkan terkait APBN, mulai dari kebijakan ekonomi yang dijalankan pemerintah, serta keterkaitan antara kebijakan ekonomi tersebut terhadap APBN, konsep dasar APBN hingga struktur dan postur APBN. Disampaikan bahwa APBN pada dasarnya merupakan kesepakatan politis antara pemerintah dengan rakyat melalui wakil-wakil rakyat dalam mencapai target pembangunan.

 

Selanjutnya, topik terkait peran DJKN secara institusi maupun upaya nya dalam pemulihan ekonomi nasional, dibawakan oleh Palupi Anggraeni, narasumber yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara di KPKNL Bontang. Pemaparan disampaikan terkait korelasi APBN dengan pengelolaan kekayaan negara, bagaimana DJKN menjalankan perannya sebagai pengelola aset negara, hal-hal terkait pengelolaan aset negara dhi. BMN (Barang Milik Negara), serta upaya-upaya yang dilakukan DJKN dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

 

Kegiatan DJKN Goes To Campus ini dikemas secara menarik melalui games interaktif yang diikuti oleh para mahasiswa. Dalam rehat tiap sesi juga menghadirkan unjuk bakat secara daring yang dibawakan oleh kolaborasi rekan-rekan KPKNL di wilayah Kalimantan Timur dan Utara. Talenta-talenta muda insan DJKN ini menyemarakkan kegiatan goes to campus yang berdurasi 3,5 jam ini.

 

Melalui sesi kesan dan pesan di penghujung kegiatan, seluruh partisipan menyampaikan harapannya bagi APBN Indonesia untuk dapat mensejahterakan rakyat, bermanfaat, berkontribusi dan tepat sasaran, serta harapan atas kemajuan DJKN kedepannya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini