Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berbagi Pengetahuan Melalui Knowledge Sharing, KPKNL Balikpapan Bahas SKPT Online
Wahyuni Eka Wulandari
Senin, 06 September 2021   |   196 kali

Balikpapan – KPKNL Balikpapan mengadakan kegiatan knowledge sharing dengan jajaran unit vertikal DJKN di wilayah Kalimantan Timur dan Utara beserta mitra lelang KPKNL Balikpapan secara daring pada hari Jumat (03/09). Topik yang diangkat dalam kegiatan knowledge sharing kali ini yaitu terkait SKPT Online.

 

Dalam sambutan yang disampaikan Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Kusumawardhani pada pembukaan kegiatan, bahwa SKPT Online merupakan salah satu inisiasi perubahan bisnis di lingkungan Kementerian ATR/BPN dan kita harus mendukung inovasi yang ada di mitra kerja. Terlebih lagi, SKPT atau Surat Keterangan Pendaftaran Tanah merupakan dokumen persyaratan dalam pelaksanaan lelang. Sehingga sinergi dibutuhkan dalam pelaksanaan penerbitan SKPT tersebut agar lebih cepat dan memudahkan bagi para stakeholders.

 

Topik terkait SKPT Online ini dipaparkan oleh narasumber yang merupakan salah satu pelelang di KPKNL Balikpapan, Doan Octanary. Dalam pembahasan materi, Doan menyampaikan hal-hal mengenai definisi SKPT, fungsinya dan kaitannya dengan lelang serta dasar hukum yang mendasari adanya SKPT online atau elektronik tersebut. Dibahas pula mengenai alur layanan SKPT online dan penggunaannya via aplikasi SKPT online.

 

Selepas sesi pemaparan materi, para partisipan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang akan dijawab narasumber maupun didiskusikan bersama. Beberapa pertanyaan diajukan baik oleh rekan-rekan KPKNL maupun Perbankan selaku mitra lelang. Mayoritas pertanyaan diajukan seputar mekanisme pengajuan SKPT online, baik dari sisi aplikasi maupun alur serta pihak yang mengajukan SKPT online. Setiap pertanyaan pun dijawab oleh Doan selaku narasumber, maupun didiskusikan bersama ketika terdapat informasi baru maupun pandangan yang berbeda.

Knowledge sharing menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan pengetahuan teknis dan mencari solusi bersama atas berbagai permasalahan teknis dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lingkup Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Melalui kegiatan ini juga, diharapkan menjadi sarana tukar pikiran mengenai bagaimana setiap unit kerja melaksanakan proses bisnis, sehingga dapat meningkatkan akselerasi pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN secara keseluruhan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini