KPKNL Balikpapan menjadi bagian
dari rangkaian kegiatan penilaian in-depth interview atas Kantor Pelayanan
Terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan tahun 2021 yang dilaksanakan pada
hari Rabu (04/08).
KPKNL Balikpapan menjadi salah satu dari 3 kandidat unit vertikal
DJKN yang lolos seleksi untuk diusulkan menjadi Kantor Pelayanan Terbaik tahun
2021.
Pelaksanaan penilaian in-depth interview ini
dilakukan dengan format office tour, yaitu dengan menampilkan
keseluruhan bagian kantor yang dipandu oleh narator yang merupakan pegawai muda
KPKNL Balikpapan. Tim penilai dari jajaran lintas unit eselon I Kementerian
Keuangan pun mengamati dan memberikan tanggapan atas rangkaian office tour ini.
Dalam penjelasan yang disampaikan, duo narator yang
berkolaborasi dalam memandu office tour, yaitu Nadia, pelaksana Seksi
Hukum Informasi, dan Didik, pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara,
menjelaskan setiap fasilitas berikut sarana prasarana layanan KPKNL Balikpapan.
Nadia pun juga mengajak partisipan yang hadir dalam kegiatan penilaian
tersebut, untuk berkeliling secara virtual ke bagian back office dari
KPKNL Balikpapan serta berinteraksi dengan para pegawai yang sedang bekerja di
kantor.
Beberapa inovasi layanan yang disampaikan dalam office tour ini yaitu layanan MANDAGUNA (Manajemen Data Pengguna Layanan) yang merupakan bentuk layanan KPKNL Balikpapan bagi pengguna layanan berupa aplikasi buku tamu digital (digital guest book) untuk memberikan kemudahan dalam melakukan registrasi atau pendataan tamu maupun pengguna layanan yang berkunjung ke KPKNL Balikpapan maupun yang mengakses layanan secara virtual. Selain itu, bentuk layanan utama lainnya yang disampaikan adalah Pelayanan Terpadu Daring (PENTING), yang merupakan sebuah layanan virtual yang dirancang bagi pengguna layanan yang membutuhkan konsultasi secara virtual. Berbagai pertanyaan diajukan oleh tim penilai terkait layanan maupun tugas dan fungsi KPKNL Balikpapan.
Partisipasi kami dalam mengikuti seleksi Kantor Pelayanan Terbaik ini merupakan wujud upaya kami untuk senantiasa memberikan performa terbaik kami dalam melakukan pelayanan. Inovasi berkelanjutan senantiasa kami bangun demi memberikan kualitas terbaik pelayanan bagi pengguna layanan.