Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Klinik BMN Kupas Tuntas Serba-Serbi Implementasi Akuntasi Persediaan dengan Metode FIFO
Wahyuni Eka Wulandari
Kamis, 15 Juli 2021   |   179 kali

        KLINIK (KonsuLtasi makIN asIK) BMN kembali hadir menyapa rekan-rekan satuan kerja di wilayah kerja KPKNL Balikpapan secara daring melalui aplikasi virtual meeting Zoom pada hari Kamis (15/07).

      Dibawakan oleh Didik, pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Klinik BMN kali ini mengangkat topik mengenai 'Implementasi Akuntansi Persediaan Dengan Metode FIFO dalam Penyusunan LBKP Semester I Tahun 2021'. Permasalahan terkait mekanisme pencatatan persediaan dan penginputan dalam aplikasi persediaan menjadi kendala yang sering dikonsultasikan oleh satuan kerja.

        Dipaparkan oleh Didik dalam materi yang dibawakan, persediaan merupakan aset lancar dalam bentuk barang atau perlengkapan yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah, dan barang-barang yang dimaksudkan untuk dijual dan/atau diserahkan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat. Pemahaman awal disampaikan pula kepada satuan kerja terkait klasifikasi dan jenis persediaan, serta segmen akun belanja persediaan.                             

        Selanjutnya, pemaparan terkait siklus persediaan mulai dari pengukuran, pengakuan, pencatatan, penyajian, perlakuan khusus hingga pencatatan transaksi pada aplikasi persediaan dijabarkan secara detail dan mendalam. Poin penting selanjutnya disampaikan oleh Didik, bahwa satuan kerja wajib menggunakan Aplikasi Persediaan FIFO dalam rangka penyusunan laporan keuangan tahun 2021.

       Selang 1 jam pemaparan, sesi Klinik BMN dilanjutkan dengan forum tanya jawab. Astri, pembawa acara pada Klinik BMN yang juga pelaksana pada Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, kali ini memandu jalannya sesi tanya jawab. Deretan pertanyaan diajukan oleh satuan kerja melalui fitur chat box dan penyampaian langsung. Secara garis besar, kendala terbesar yang disampaikan oleh satuan kerja adalah terkait migrasi data dari aplikasi persediaan 20.2 yang menggunakan metode Harga Perolehan Terakhir ke aplikasi persediaan 21.0 yang menggunakan metode FIFO. Kendala lainnya yang ditanyakan oleh para operator BMN satuan kerja yang secara rutin dan intens menggunakan aplikasi persediaan ini adalah mengenai dampak perubahan metode FIFO terhadap Laporan Barang Kuasa Pengguna. Memahami kendala yang dirasakan oleh satuan kerja, Didik menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan secara solutif. baik dari segi teori maupun mekanisme pengaplikasiannya.

        Klinik BMN menjadi media konsultasi yang adaptif dengan kondisi kerja saat ini. Dengan tidak adanya konsultasi fisik secara langsung, Klinik BMN menjadi media yang sangat dimanfaatkan dan dinanti oleh satuan kerja untuk mengkomunikasikan kendala yang dihadapi terkait pengelolaan BMN. Klinik BMN juga menjadi media bagi KPKNL Balikpapan, khususnya Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara untuk memberikan informasi serta pengetahuan terbaru seputar pengelolaan BMN kepada rekan-rekan satuan kerja. Konsultasi makin asyik tentang BMN? Tentu nya di Klinik BMN.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini