Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan Evaluasi Kinerja BMN di Lingkungan Kanwil DJP Kaltimtara
Nadia Safira
Rabu, 17 Maret 2021   |   179 kali

Balikpapan- Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Balikpapan bertandang ke Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJP Kaltimtara) pada Selasa (16/03). Kunjungan tersebut dilakukan demi melaksanakan Evaluasi Kinerja Barang Milik Negara atau yang lebih dikenal dengan Portofolio Aset di lingkungan Kanwil DJP Kaltimtara tersebut.

            Disambut langsung oleh Kepala Subbagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Riyadi, KPKNL Balikpapan yang diwakili oleh Kepala Seksi PKN, Muhammad Syuaib, beserta pelaksana, Aulia R. K., langsung bergerak melakukan evaluasi terhadap aset-aset tersebut. Pada kesempatan tersebut, aset yang disurvei berupa satu buah bangunan kantor dan sembilan bidang tanah yang tersebar di beberapa bagian Kota Balikpapan.

            Evaluasi kinerja BMN merupakan kegiatan pengukuran kinerja suatu aset BMN yang dilakukan secara sistematis dan terukur dengan mempertimbangkan 6 (enam) indikator yaitu kepentingan umum, manfaat sosial, kepuasan pengguna, potensi penggunaan masa mendatang, kelayakan finansial, dan kondisi teknis. Evaluasi kinerja dilaksanakan melalui pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, serta pelaporan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi, survei, dan data sekunder. Sedangkan pengolahan data dan analisis data menggunakan aplikasi portofolio aset.

            Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 244/PMK.06/2012, demi meningkatkan akuntabilitas proses pengambilan keputusan dan proses tata kelola pengelolaan BMN melalui penggunaan data kinerja BMN yangg handal dan up to date, maka pengelola barang melakukan evaluasi BMN sekurang-kurangnya 1 kali dalam lima tahun.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini