KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Tingkatkan Skill Kehumasan, KPKNL Balikpapan Ikuti Knowledge Sharing Public Relation

Rabu, 06 Mei 2020   |   31 kali

Balikpapan – KPKNL Balikpapan Mengikuti Knowledge Sharing “Rabu Berilmu” yang diadakan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara pada Rabu (06/05). Untuk edisi “Rabu Berilmu” pertama yang dilaksanakan via aplikasi teleconference Zoom ini, KPKNL Samarinda didapuk sebagai pembicara dengan mengangkat tema “Penggunaan Media Sosial untuk Optimalisasi Public Relation.

            Sebagai penerima peringkat pertama dalam hal Laporan Monitoring Media Sosial Instansi Vertikal DJKN Triwulan I (Q1) Tahun 2020 yang diadakan oleh Direktorat Hukum dan Humas, KPKNL Samarinda berbagi tips dan trik cara mengolah informasi dan mengisi akun Instagram dan Facebook kantor dengan menarik sekaligus konsisten.

            Dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Samarinda, Bimo Aryo, kegiatan penyampaian materi dilakukan oleh Panji Iskandar dari Seksi Hukum dan Informasi. Dalam kesempatan tersebut, Panji menjelaskan bahwa sebenarnya KPKNL Samarinda telah memiliki akun Instagram sejak Tahun 2017 silam, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Pengisian akun media sosial KPKNL Samarinda juga awalnya hanya meliput tentang hal-hal situasional, sehingga jika sedang tidak ada peliputan kegiatan, maka akun media sosial pun akan minim konten.

            Untuk mengoptimalkan fungsi media sosial, KPKNL Samarinda akhirnya membentuk Tim Publikasi dan menyusun SOP yang jelas terkait panduan publikasi. Selain itu, KPKNL Samarinda juga menyusun timeline publikasi yang jelas, sehingga konten bisa disiapkan sebelum deadline. Hal ini juga memudahkan kontinuitas post, sehingga bisa dipastikan setiap harinya akan ada konten yang diunggah ke akun media sosial KPKNL Samarinda.

            Kegiatan Knowledge Sharing “Rabu Berilmu” ini juga menjadi ruang diskusi yang menarik bagi seluruh KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Tanya-jawab terkait pengelolaan media sosial juga tak terelakkan. Kepala KPKNL Tarakan, Guntur Sumitro, juga memberikan saran terkait pengelolaan media sosial. Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya, semua pegawai adalah humas bagi kantor. Sehingga tanggung jawab tentang konten bukan hanya dari Tim Publikasi, namun seluruh pegawai juga boleh memberikan input dan masukan.

            Pada diskusi pagi hari itu, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara, Surya Hadi, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Samarinda. Untuk selanjutnya, Ia berharap agar penyusunan konten tak berhenti di ranah media sosial, namun telah merambah ke berita portal DJKN. Surya Hadi juga mendorong seluruh KPKNL maupun bidang-bidang di Kanwil untuk mencoba menulis artikel atau berita secara kontinyu per bulannya. Seluruh KPKNL di wilayah Kalimantan Timur dan Utara sepakat bahwa kegiatan Knowledge Sharing ini ialah sesuatu yang penting dalam meningkatkan skill kehumasan. Untuk itu, akan dijadwalkan Knowledge Sharing lainnya, bahkan diusahakan kalau memungkinkan akan mengundang praktisi ahli. 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id