KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Tak Gentar Meski Diguyur Hujan, KPKNL Balikpapan Tetap Rayakan Pekan KN di Lapangan Merdeka

Senin, 04 November 2019   |   20 kali

Balikpapan- KPKNL Balikpapan bekerja sama dengan Bank BRI Sudirman Balikpapan merayakan Pekan Kekayaan Negara (Pekan KN) pada Minggu (04/11). Meski diguyur hujan, KPKNL Balikpapan tetap semangat menggaet massa.

            Pekan Kekayaan Negara tahun ini dirayakan dengan melakukan sosialisasi terkait tugas dan fungsi KPKNL Balikpapan di area Lapangan Merdeka. Sosialiasi tersebut meliputi pengenalan melalui pembagian brosur dan selebaran, juga dengan melakukan simulasi lelang sukarela.

            Beragam barang disediakan dalam kegiatan lelang sukarela tersebut mulai dari toples, rak bumbu, tumbler hingga sepatu pantofel. Hujan tak menyurutkan animo masyarakat terhadap simulasi lelang ini. KPKNL Balikpapan pun berhasil mengajak beberapa kerumunan mendekat dan mencoba mengikuti lelang sukarela.

            Setelah papan bidding dibagikan, masyarakat pun bebas menawar barang-barang yang mereka inginkan. Karena harga yang cukup miring, dimulai dari Rp 10.000 saja per buah dan kenaikan Rp 5.000 tiap penawaran, beberapa items pun sukses menjadi rebutan. Tumbler dan teflon sukses menjadi primadona di acara pagi hari tersebut.

            Melakukan lelang sukarela hanya menjadi salah satu medium bagi KPKNL Balikpapan dalam memperkenalkan konsep lelang, karena dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan bagaimana cara mengikuti e-auction via web. “Cukup kunjungi website lelang.go.id, buat akunnya, lengkapi persyaratannya dan begitu semua sudah terverifikasi, bisa langsung pilih barang yang kamu mau dan ikuti lelangnya,” jelas MC.

            MC pun tak lupa memperkenalkan tugas-tugas lain dari KPKNL Balikpapan selain melakukan lelang. “Walaupun tugas kami yang memungkinkan untuk berhubungan langsung dengan khalayak ramai adalah lelang, sebenarnya kami masih ada tugas lain yakni melakukan pengelolaan kekayaan negara, mengurus piutang negara, melakukan penilaian untuk aset-aset baik BMN maupun BMD dan lain-lain,” ujar MC. Ia pun turut menjelaskan bahwa saat ini DJKN juga sedang bergerak menuju ‘Distinguished Asset Manager.’

           “DJKN merupakan unit pengelola aset-aset milik negara. Jadi kami sedang berusaha untuk menjadi manajer aset yang unggul dan excellent, selain agar dapat membawa pemasukan bagi negara juga untuk mengedukasi masyarakat agar untuk turut bersama-sama menjaga aset yang Indonesia miliki.

            Pekan Kekayaan Negara merupakan salah satu dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Direktorat Jenderal Kekayaan Negara yang ke-13. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, selain menyemangati internal KPKNL Balikpapan untuk terus bersemangat mencapai konsep ‘Distinguished Asset Manager’ juga untuk memperkenalkan DJKN pada masyarakat Kota Balikpapan.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id