KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Instansi Kemenkeu Se-Balikpapan Rayakan HORI dengan Jalan Sehat

Senin, 04 November 2019   |   15 kali

Balikpapan- KPKNL Balikpapan merayakan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke-73 dengan jalan sehat mengelilingi pusat Kota Balikpapan pada Sabtu (02/11). Tak hanya sendiri, seluruh instansi Kementerian Keuangan yang berdinas di Balikpapan meliputi Kanwil Bea Cukai Kalbagtim, KPPBC TMP Balikpapan, Kanwil DJP Kalimantan Timur, KPP Madya Balikpapan, KPP Pratama Balikpapan Timur, KPP Pratama Balikpapan Barat, KPP Pratama Penajam, KPPN Balikpapan, BDK Balikpapan, KPPD dan GKN, juga turut mengikuti acara ini.

            Acara jalan sehat kali ini dibuka oleh Kepala KPPBC TMP B Balikpapan, Fitra Krisdianto, yang sekaligus melepas seluruh peserta jalan sehat yang terdiri dari pegawai Kementerian Keuangan beserta keluarga. Bermula di titik start Banua Patra, acara diawali dengan senam pagi Bersama sebagai bentuk pemanasan dilanjutkan dengan safety introduction sebelum seluruh peserta dilepas dengan tembakan confetti. Walau rute yang diikuti tak terlalu panjang, seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan jalan sehat tersebut.

            Selepas mengitari Lapangan Merdeka dan kembali ke garis finish di Banua Patra, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang rangkaian lomba olahraga dan seni dalam rangka perayaan HORI ke-73 yang telah berlangsung selama sebulan penuh. Pada kesempatan kali ini, KPKNL Balikpapan berhasil menjejakkan kaki di atas panggung untuk menerima piala akibat diganjar posisi runner up untuk perlombaan catur antar kantor.

            Tak hanya pengumuman pemenang dan pembagian hadiah untuk perlombaan dalam rangka HORI, acara ini juga disemarakkan dengan pembagian doorprize juga pementasan seni. Walau terik matahari Balikpapan telah berada di atas kepala, seluruh peserta masih terlihat antusias hingga acara ditutup pada pukul 11.00 WITA.

            Selain kegiatan di atas, HORI di Balikpapan juga dirayakan melalui serangkaian acara antara lain Bakti Sosial ke beberapa panti asuhan, Donor Darah, juga Kemenkeu Mengajar yang akan dilaksanakan pada Senin (04/11) mendatang. Upacara peringatan HORI sendiri telah dilaksanakan pada Rabu (30/10) dengan seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat.

           Kegiatan perayaan HORI sendiri selain untuk memperingati hari dimana Oeang Republik Indonesia (ORI) pertama kali diberlakukan secara resmi di Indonesia, juga untuk memperingati bagaimana ORI menjadi salah satu lambang kedaulatan di Indonesia. Sebagai negara yang merdeka, mata uang merupakan simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia. Karena itulah penerbitan ORI seakan menjadi salah satu contoh bahwa diplomasi tak hanya bisa dilakukan melalui sisi militer dan politik, namun juga penerbitan mata uang.

              Selamat Hari Oeang yang ke-73!

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id