Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Seksi Kepatuhan Internal Adakan Forum Diskusi Demi Tingkatkan Sinergi
Nadia Safira
Rabu, 28 Agustus 2019   |   200 kali

Balikpapan- DJKN baru saja menggelar mutasi untuk Pejabat Pengawas/eselon IV, dimana KPKNL Balikpapan kedatangan dua anggota baru, yakni Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Baso Syamsudin, dan Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), M. Syuaib. Oleh sebab itulah Seksi Kepatuhan Internal (KI) KPKNL Balikpapan berinisiatif mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pemantauan Internal pada Selasa (27/8) sebagai upaya untuk meningkatkan sinergi antar seksi.       

            Kegiatan ini membuka diskusi antar seksi agar dapat bersama-sama sepakat mengambil keputusan yang tepat dan saling mengerti mengenai kewajiban di masing-masing seksi. “Prinsip kami, jangan sampai mengecewakan pemenang lelang,” ujar Hendra Saputra, Kepala Seksi Hukum dan Informasi (HI). “Seringkali pemenang lelang  telah datang dari jauh dengan bukti pelunasan untuk meminta kuitansi, namun rincian hasil lelang belum sampai ke Bendahara Penerimaan.” Untuk itu, ia mengusulkan agar ada komunikasi antara Seksi Lelang dan Bendahara Penerimaan, agar ditemukan solusi terbaik.

            Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Baso Syamsudin, menyatakan akan menekankan pada Pejabat Lelang untuk langsung membuat rincian hasil lelang untuk diberikan kepada Bendahara Penerimaan. Tak harus berupa kertas, untuk mempercepat proses bahkan bisa berupa foto. Didik Suryadi dari Seksi PKN menambahkan, untuk mempersingkat waktu, dapat dibuatkan sistem pembuatan rincian hasil lelang. Cukup meng-input data-data lelang, sistem tersebut akan secara otomatis mengubah data tersebut menjadi format rincian hasil lelang. “Bisa macam-macam, pakai aplikasi. Atau kalau lebih mudahnya, dengan mail merge juga bisa,” ungkap Lelaki asal Sorong tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, mengapreasiasi kreativitas dan inovasi demi meringankan beban kerja dan mencapai hasil yang lebih optimal. “Yang paling penting memang bagaimana kita jangan sampai menjadi tidak patuh. Jadi harus kita pikirkan inovasi-inovasinya. Seperti yang sudah kita lakukan kemarin, saat berhasil mensinergikan seksi Penilaian dan PKN,” ungkapnya. “Siapa tahu aplikasi untuk rincian hasil lelang bisa cepat terlaksana,” tutupnya sambil tersenyum.

 

 

FGD Pemantauan Internal ini diadakan dengan harapan adanya komunikasi antar seksi yang lebih baik agar didapatkan solusi terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga harapannya, tiap-tiap seksi bisa saling memahami kondisi dan kewajiban masing-masing demi tercapainya kesempurnaan. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini