KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Bukan Hanya Hak, Kewajiban Pegawai Juga Harus Dilaksanakan

Rabu, 26 Juni 2019   |   125 kali

Balikpapan –  Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak melulu menyoal hak yang diterima, namun juga besarnya tanggung jawab dan kewajiban yang harus diampu. Begitulah yang ditekankan oleh Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, Surya Hadi, saat melakukan pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil terhadap delapan orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ditempatkan di KPKNL Balikpapan pada Selasa (25/06). Bertindak sebagai saksi, Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, dan Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Kaltimtara, Hermawan Sukmajati, turut menghadiri acara yang bertempat di Aula KPKNL Balikpapan tersebut.

“Selain sudah memiliki hak-hak sebagai pegawai berupa gaji, tunjangan dan fasilitas, cuti dan lainnya, tidak lupa juga harus mengingat dan melaksanakan kewajiban untuk tetap setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pemerintah yang sah” ujar pria kelahiran Medan tersebut..

                Delapan orang pegawai diambil sumpahnya dalam kesempatan ini ialah Belani Yudita Sari, Winda Ratna Furi, Yan Isnur Aji, Aulia Ruliatanti Kholifah, Ditya Dwi Nugroho, Latifah Khusnul Fauziah, Nadia Safira, dan Rizal Harfianto, yang sudah sekitar 6 bulan mengabdi di Balikpapan. Didampingi seorang rohaniwan dari Kemenag Kota Balikpapan, para peserta yang mengenakan seragam putih hitam secara bersamaan mengucapkan sumpah untuk setia untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan.

                Tak hanya menyinggung soal hak dan kewajiban seorang PNS, Surya Hadi juga menyampaikan pesan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani, tentang pentingnya integritas. “Ibu Menteri kita pernah ditanya, mana yang lebih penting. Seorang pegawai yang pintar dan cerdas, semua pekerjaannya beres namun kurang integritasnya, atau seorang yang kemampuannya kurang menonjol, namun sangat berintegritas? Jawabannya adalah yang memiliki integritas!” ujarnya. Mengutip Menteri Keuangan, integritas merupakan bagian dari nilai moral yang sudah terbentuk sejak awal dan sulit diubah, namun kompetensi masih bisa dibangun. Sehingga memiliki pegawai dengan integritas tinggi justru lebih dibutuhkan. “Maka dari itu, pola pikir kita jangan hanya menjurus pada kebutuhan duniawi,” pungkasnya.

                  Dengan pengambilan sumpah delapan orang CPNS menjadi PNS di KPKNL Balikpapan, diharapkan dapat mendorong akselerasi dalam usaha mencapai target-target yang telah ditetapkan baik untuk seksi teknis maupun non-teknis. Pesan terakhir dari Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara, semua PNS baru ini harus bisa menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela dengan menguatkan keimanan pada Tuhan yang Maha Esa.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id