KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

KPKNL Balikpapan Mantap Gelar Bukber Ramah Lingkungan

Kamis, 23 Mei 2019   |   41 kali

Balikpapan- KPKNL Balikpapan menghelat Buka Puasa Bersama bertajuk “Indahnya Berbagi di Bulan Suci” pada Rabu (22/5). Tak hanya diikuti seluruh pegawai KPKNL Balikpapan beserta keluarga, tampak pula pegawai yang telah memasuki masa purnabakti beserta keluarga. KPKNL Balikpapan juga mengundang 30 anak yatim-piatu dari Panti Asuhan Al-Fuqara Wal Masakin Balikpapan.

 Acara dimulai dengan pemberian santunan berupa sembako dan uang yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, kepada perwakilan Panti Asuhan, Sakniyah. Dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh H.M. Izat Solihin M.Pd. dari Kementerian Agama Balikpapan.

Dalam ceramahnya, selain memberi pencerahan terkait ilmu agama, H.M. Izat Solihin M.Pd. juga mengajarkan mengenai kepercayaan diri pada anak-anak dari Panti Asuhan Al-Fuqara wal Masakin. “Jangan sedikit-sedikit menunjuk ini nah ini nah ke orang lain,” ujarnya. “Jika merasa mampu, tunjuk tangan sendiri. Saya nah! Begitu!”

Ada yang berbeda dalam suasana Buka Puasa bersama di KPKNL Balikpapan. Jika biasanya acara Bukber penuh dengan gelas plastik, di KPKNL Balikpapan justru sebaliknya. Semua makanan dikemas tanpa kemasan plastik, bahkan seluruh pegawai diharuskan membawa tumbler-nya sendiri. Hal ini selaras dengan himbauan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, tentang pelarangan plastik di area Kementerian Keuangan.

KPKNL Balikpapan pun memperkenalkan kebijakan ramah lingkungan ini dengan mengajarkan anak-anak dari Panti Asuhan Al-Fuqara Wal Masakin untuk turut menggunakan tumbler dan mengisinya dulu di dispenser yang telah disediakan.

“Sebelum himbauan Menkeu itu muncul, KPKNL Balikpapan sudah memiliki komitmen terkait hal tersebut sesuai dengan Peraturan Walikota Balikpapan No.8 Tahun 2018,” jelas Chairiah. “Bisa dilihat, disini sudah tidak ada yang menggunakan kemasan plastik sekali pakai.”

Maghrib menjelang, acara dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama dan Sholat Maghrib berjamaah. Semua hadirin kemudian diarahkan ke depan Area Pelayanan Terpadu (APT) untuk mengambil makan malam. Pojok Ramah Anak yang terletak di APT pun langsung diserbu oleh anak-anak sembari menunggu giliran mengambil makan.

Kebijakan anti plastik dan pengadaan Pojok Ramah Anak sudah sesuai dengan konsep Pengarusutamaan Gender (PUG) yang selama ini digaungkan oleh Kementerian Keuangan. Diharapkan dengan diterapkannya hal-hal di atas, KPKNL Balikpapan dapat lebih inklusif dan berkontribusi langsung pada gerakan penyelamatan bumi.

 Di Bulan yang suci ini, Umat Islam memang dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah dan berbagi. Walaupun jumlahnya tak seberapa, diharapkan dapat membawa berkah bagi kita semua. KPKNL, berkah!

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id