KPKNL Balikpapan
Berita DJKN

Pegawai KPKNL Rela Naik-Turun Tangga Demi Simulasi Penanganan Bencana

Senin, 29 April 2019   |   35 kali

Balikpapan- Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, KPKNL Balikpapan mengikuti kegiatan Simulasi Penanganan Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran pada Jumat (26/04). Bertempat di Gedung Keuangan Negara Balikpapan, kegiatan yang dipandu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan ini diikuti bersama dengan KPPN, KPPU dan KPPD.

            “Balikpapan memang relatif jarang terdampak gempa, namun untuk kasus kebakaran cukup banyak,” ungkap Frans Martin dari BPBD Balikpapan. “Kalau kita lihat, gedung kantor ini mungkin sudah dibangun dari tahun 1980-an. Untuk pertimbangan safety-nya pun pasti berbeda dengan kebutuhan saat ini. Maka kita harus paham apa yang harus dilakukan saat kejadian.”

            Setelah memberi pengarahan singkat, ia langsung membagi-bagi pegawai dari KPKNL, KPPN, KPPU dan KPPD menjadi beberapa kelompok berdasarkan lantai dan tiap orang memiliki peran masing-masing untuk melakukan simulasi. Tiap lantai memiliki floor captain yang bertugas sebagai penanggung jawab dan dua petugas pengamanan yang bertugas memadamkan api dengan APAR. 

“Kuncinya satu, jangan panik!” Tegas Frans Martin. Menurutnya, semua tahapan penyelamatan dan penanganan bencana tidak akan dapat terlaksana dengan baik jika dilakukan dalam kondisi panik. “Tidak perlu lari. Jalan cepat saja, pegang handrail dan ikuti arahan pegawai yang bertugas mengamankan ke titik kumpul.”

            Ia kemudian menunjuk pegawai yang bertugas sebagai pengaman aset dan petugas master point. Pengaman aset harus dapat mengamankan aset-aset berharga yang dimiliki oleh kantor seperti dokumen-dokumen dan surat yang sekiranya akan menyulitkan proses bisnis jika sampai musnah. Sedangkan petugas master point harus segera mengabsen seluruh pegawai untuk memastikan semua sudah berhasil dievakuasi dengan selamat.

            “Gempa! Gempa!” Teriakan Ditya Dwi Nugroho dari KPKNL Balikpapan mengawali kegiatan simulasi. Para pegawai pun segera bergegas meninggalkan pekerjaan masing-masing dan bergerak keluar ruangan mengikuti arahan pengamanan menuju master point (titik kumpul) bersama berkas dan barang berharga. Bersamaan dengan gemuruh pegawai turun ke master point, dua pegawai dengan APAR segera naik ke lantai dua untuk seolah memadamkan api.

            Kegiatan simulasi berlangsung seru dan semua orang menunjukkan antusiasmenya. BPBD Balikpapan pun mengapresiasi semangat seluruh pegawai yang bertugas di GKN Balikpapan. Walaupun harus naik-turun tangga berkali-kali, namun masih dapat mengikuti kegiatan dengan ceria.

            Bencana merupakan sesuatu yang tidak bisa ditebak kemunculannya, untuk itu semua orang harus mendapatkan bekal mengenai apa yang harus dilakukan jika muncul keadaan darurat. Karena keselamatan adalah yang utama!

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id