Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
110 Tahun Lelang Indonesia KPKNL Balikpapan
Alpha Setiawan
Rabu, 07 Maret 2018   |   504 kali

Balikpapan - Memperingati 110 tahun eksistensi lelang di Indonesia. Direktorat Jederal Kekayaan Negara mengusung tema ‘Modernisasi Lelang Untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Terpercaya’. Merujuk tema itu, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan sebagai instansi vertikal DJKN menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam menyambut 110 tahun lelang di Indonesia. Beberapa kegiatan dilakukan dengan tujuan lebih memasyarakatkan lelang dan mengenalkan lelang kepada masyarakat luas, untuk menjadikan jual beli barang melalui lelang menjadi mekanisme jual beli pilihan bagi masyarakat.

 

Rangkaian kegiatan 110 tahun lelang Indonesia yang diselenggarakan oleh KPKNL Balikpapan sudah dimulai sejak hari Senin tanggal 26 Februari 2018 dengan menyelengarakan pekan lelang baik lelang e-Auctionmaupun lelang e-Convenstional Auction. Pelaksanaan lelang yang meliputi lelang pasl 6 Undang-Udang Hak Tanggungan (UUHT) dan lelang non eksekusi wajib dengan objek lelang berupa aset tetap dan aset tidak tetap berjalan sukses. KPKNL Balikpapan berhasil mendapatkan pokok lelang lebih dari Rp.2,5 Milyar. Selama empat hari berturut-turut jadwal lelang yang diselenggarakan oleh KPKNL Balikpapan tersusun sangat padat.

 

Selain menyelenggarakan pekan lelang, KPKNL Balikpapan juga menggelar sosialisasi e-Auction dengan melakukan kunjungan ke pengguna jasa lelang potensial, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at 2 Maret 2018. Perwakilan KPKNL Ballikpapan melakukan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Paser yang dalam waktu dekat berencana mengadakan lelang terhadap aset mereka berupa eks kendaraan dinas. Dalam kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan simulasi lelang berupa lelang lukisan yang diikuti oleh seluruh peserta.

 

Selanjutnya sebagai kegiatan penutup dalam pekan lelang KPKNL Balikpapan, pada hari Minggu 4 Maret 2018 bekerja sama dengan PT. Bank BRI (Persero) Tbk. diadakan kegiatan sosialisasi e-Auction dengan tema e-Auction on car free day yang diselenggarakan di Jalan Jenderal Sudirman/Lapangan Merdeka Balikpapan dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Balikpapan dan pegawai PT. Bank BRI (Persero) Tbk. Dalam kegiatan ini diadakan  edukasi yang disampaikan kepada anggota masyarakat yang saat itu sedang berolah raga/jalan pagi di Lapangan Merdeka. Informasi yang disampaikan terkait dengan e-Auction yang merupakan lelang on line, bisa melalui e-mail maupun internet, dapat diikuti oleh siapa saja secara cepat, murah dan akuntabel.

Peserta lelang dalam e-Auction tidak perlu hadir secara fisik di lokasi pelelangan namun tetap dapat mengakses dimanapun peserta berada. Selain itu pada kesempatan ini kembali diadakan simulasi lelang yang mendapat sambutan cukup antusias dari peserta lelang yang merupakan masyarakat yang sedang melakukan olah raga pagi. Kegiatan yang dimulai pada pukul 06.00 WITA ini berakhir pada pukul 10.00 WITA.(Penulis/Fotografer : Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini