Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Memanfaatkan Waktu Istirahat di Kantor dengan Melatih Mindfulness
Sulastri
Selasa, 25 Oktober 2022   |   243 kali

Waktu bekerja di kantor telah diatur sedemikian rupa, begitu pula dengan waktu istirahat didalamnya. Waktu istirahat yang hanya sebentar kadang kita habiskan untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Untuk itu tidak ada salahnya apabila kita memanfaatkan waktu istirahat siang kita dengan melatih mindfulness. Apakah itu mindfulness? Menurut beberapa literatur, mindfulness dapat diartikan sebagai kesadaran penuh. Artinya kita dalam menghadapi segala sesuatu bisa melakukannya secara fokus saat ini.

 

Melatih mindfulness saat istirahat di kantor kita bisa memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas. Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar menggunakan pancaindra. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 3–5 menit, lalu fokus kembali pada pikiran kita. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, mindfulness bisa membuat kita merasa lebih tenang dan mampu berpikir lebih jernih.

 

Selain itu, dengan melatih mindfulness kita dapat memetik berbagai manfaat lain. Berbagai manfaat lain yang dapat kita petik dari melatih mindfulness adalah sebagai berikut ini

 

1. Kesadaran akan saat ini

Dengan kesadaran saat ini, kita akan menyadari hal-hal yang membuat kita nyaman dikantor, misalkan hembusan AC yang sejuk, lantai yang bersih, interior kantor yang menarik dan hal-hal lain yang selama ini tidak kita pedulikan, yang nyata-nyata membawa kenyamanan.

 

2. Membuka Jendela Hati

Lebih jauh, setelah kita bisa merasakan kesadaran akan hari ini, kita akan mulai membuka jendela hati. Kita juga harus menyadari, bahwa yang berharga adalah saat ini, realitas yang kamu hadapi sekarang.

 

3. Ingatan yang baik

Mindfulness membantu kamu memiliki ingatan yang baik. Dengan ingatan yang baik, kamu akan menjalani kehidupan dengan lebih baik pula. Sebab, kamu dapat menghargai hidup dan senantiasa selalu waspada.

Dengan menerapkan mindfulness, kita akan tekun mengingat hal-hal yang esensial dan fokus pada nilai-nilai yang perlu kamu pegang akan menyemangatimu setiap langkah di mana pun kita berada.

 

4. Keseimbangan emosional

Seringkali kita diliputi oleh emosi dan logika yang mempengaruhi tindakan kita. Ketika yang satu terlalu mendominasi dan meminggirkan yang lainnya, maka akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada keputusan. Mindfulness akan membantu kita berkonsentrasi dan mengetahui serta menyeimbangka keadaan kita dalam membuat sebuah tindakan.

 

5. Respon yang tepat

Mindfulness juga akan membantu kita mengerti respons yang paling tepat. Juga dapat membantu  menjaga ketenangan untuk tidak memberikan respon yang tergesa-gesa.

 

Pada intinya, alih-alih  melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat pada saat istirahat kantor, alangkah lebih baiknya mencari dan melakukan kegiatan yang bermanfaat yang dapat menunjang kita dalam melaksanakan tugas-tugas dikantor seperti melatih mindfulness ini. Yuk, mari kita melatih mindfulness.(Sltr)

 

(Disarikan dari berbagai sumber di media sosial)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini