Waktu
bekerja di kantor telah diatur sedemikian rupa, begitu pula dengan waktu
istirahat didalamnya. Waktu istirahat yang hanya sebentar kadang kita habiskan
untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Untuk itu tidak ada salahnya apabila
kita memanfaatkan waktu istirahat siang kita dengan melatih mindfulness. Apakah
itu mindfulness? Menurut beberapa literatur, mindfulness dapat diartikan
sebagai kesadaran penuh. Artinya kita dalam menghadapi segala sesuatu bisa
melakukannya secara fokus saat ini.
Melatih
mindfulness saat istirahat di kantor kita bisa memulainya
dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak
jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan
napas. Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar
menggunakan pancaindra. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 3–5 menit,
lalu fokus kembali pada pikiran kita. Jika dilakukan secara rutin dan tepat,
mindfulness bisa membuat kita merasa lebih tenang dan mampu berpikir lebih
jernih.
Selain
itu, dengan melatih mindfulness kita dapat memetik berbagai manfaat lain.
Berbagai manfaat lain yang dapat kita petik dari melatih mindfulness adalah
sebagai berikut ini
1. Kesadaran akan saat ini
Dengan kesadaran saat ini, kita akan menyadari hal-hal yang
membuat kita nyaman dikantor, misalkan hembusan AC yang sejuk, lantai yang
bersih, interior kantor yang menarik dan hal-hal lain yang selama ini tidak
kita pedulikan, yang nyata-nyata membawa kenyamanan.
2. Membuka Jendela Hati
Lebih jauh, setelah kita bisa merasakan kesadaran akan hari ini,
kita akan mulai membuka jendela hati. Kita juga harus menyadari, bahwa yang
berharga adalah saat ini, realitas yang kamu hadapi sekarang.
3. Ingatan yang baik
Mindfulness membantu kamu memiliki ingatan yang baik. Dengan ingatan
yang baik, kamu akan menjalani kehidupan dengan lebih baik pula. Sebab, kamu
dapat menghargai hidup dan senantiasa selalu waspada.
Dengan menerapkan mindfulness,
kita akan tekun mengingat hal-hal yang esensial dan fokus pada nilai-nilai yang
perlu kamu pegang akan menyemangatimu setiap langkah di mana pun kita berada.
4. Keseimbangan emosional
Seringkali kita diliputi oleh emosi dan logika yang mempengaruhi
tindakan kita. Ketika yang satu terlalu mendominasi dan meminggirkan yang
lainnya, maka akan menimbulkan akibat yang tidak baik pada keputusan.
Mindfulness akan membantu kita berkonsentrasi dan mengetahui serta menyeimbangka
keadaan kita dalam membuat sebuah tindakan.
5. Respon yang tepat
Mindfulness juga akan membantu kita mengerti respons yang paling
tepat. Juga dapat membantu menjaga
ketenangan untuk tidak memberikan respon yang tergesa-gesa.
Pada
intinya, alih-alih melakukan kegiatan
yang kurang bermanfaat pada saat istirahat kantor, alangkah lebih baiknya
mencari dan melakukan kegiatan yang bermanfaat yang dapat menunjang kita dalam
melaksanakan tugas-tugas dikantor seperti melatih mindfulness ini. Yuk, mari
kita melatih mindfulness.(Sltr)
(Disarikan
dari berbagai sumber di media sosial)