Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ambon > Berita
Optimalisasi Aset BMN pada Kantor UPP Kelas II Tulehu
Christian Benardo
Rabu, 30 November 2022   |   110 kali
Maluku Tengah (30/11), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon melaksanakan Penilaian Barang Milik Negara (BMN) pada Satuan Kerja (Satker) Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tulehu yang dilaksanakan oleh Pejabat Fungsional Penilai Pemerintah - Arifin. Penilaian ini merupakan permohonan Satker dalam rangka pemanfaatan Aset BMN dalam bentuk Sewa berupa sebagian Tanah dan Bangunan.
Sesuai dengan ketentuan Pasal 12 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 173/PMK.06/2020, Penilai Pemerintah melakukan pengumpulan data dan informasi atas objek penilaian melalui survei lapangan secara peninjauan langsung. Dalam pelaksanaan survei lapangan, Fungsional Penilai Pemerintah berkoordinasi dan didampingi dengan tim Satker Kantor UPP Kelas II Tulehu selaku Pengguna Barang.
Sebagian tanah dan bangunan dengan luasan 20 m2 nantinya akan dimanfaatkan oleh penyewa perorangan dalam mengembangkan usahanya di bidang kuliner, dan Usaha kuliner ini tidak hanya menyediakan produk untuk masyarakat/para calon penumpang di Pelabuhan Tulehu, namun juga dapat menyediakan lapangan kerja baru bagi orang di sekitarnya. Dalam pelaksanaan survei lapangan atas BMN tersebut Penilai Pemerintah KPKNL Ambon melakukan penilaian dengan menggunakan pendekatan data pasar. Setelah didapatkan nilai wajar atas sewa BMN tersebut, KPKNL Ambon akan menindaklanjutinya dengan menetapkan persetujuan nilai wajar atas sewa BMN sesuai permohonan pihak satker dengan tarif sewa yang mengacu pada hasil penilaian dimaksud.
“Penilaian dalam rangka nilai wajar atas sewa BMN ini diharapkan dapat berkontribusi dalam membantu meningkatkan penerimaan negara dari PNBP BMN, disamping juga sebagai salah satu pelaksanaan tertib pengelolaan BMN sesuai ketentuan pemanfaatan/pengelolaan BMN yang berlaku, namun juga memberi lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar”, Ungkap Arifin.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini